Hari Kedua Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji, 5.945 Jemaah Berangkat ke Tanah Suci

Redaksi | 6 Juni 2022 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam operasional hari kedua penyelenggaraan ibadah haji, 3.169 jemaah diberangkatkan ke Arab Saudi. Mereka tergabung dalam delapan kelompok terbang (kloter) dari lima embarkasi. "Hari pertama, ada 2.763 jemaah dari lima embarkasi yang sudah diberangkatkan ke Arab Saudi. Total jemaah yang diberangkatkan sampai hari ini sebanyak 5.945 orang," terang Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Ahmad Abdullah di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (5/6).

Pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Indonesia dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama jemaah akan mendarat di Bandar Udara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Mereka akan menetap di Madinah dengan masa tinggal antara 8 -9 hari untuk menjalakan ibadah Arbain. Yaitu, Salat Wajib berjamaah dalam 40 waktu di Masjid Nabawi. 

"Setelah menyelesaikan Arbain, jemaah akan diberangkatkan menuju kota Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah wajib dengan mengambil miqat di Bir Ali," sambungnya.

Jemaah yang diberangkatkan pada gelombang kedua, lanjut Abdullah, akan mendarat di Bandar Udara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Mereka lalu menuju Makkah untuk melakasanakan ibadah umrah wajib.

Abdullah menyampaikan ada satu jemaah haji Indonesia yang wafat setibanya di Madinah. Jemaah tersebut bernama Suhati Rahmat Ali Binti H. Rahmat dengan Nomor Paspor C6495065 dan berusia 64 tahun. Almarhumah tergabung dalam Kloter JKG1 yang berangkat dari embaraksi Jakarta-Pondokgede. "Mari kita doakan semoga almarhumah wafat dalam keadaan khusnul hatimah dan ibadahnya diterima Allah Swt. Amin," harap Abdullah.

"Pemerintah hanya akan merilis data jemaah wafat yang telah keluar COD-nya (Certificate ofdead) dari pihak berwenang. Seluruh jemaah yang wafat di Arab Saudi akan dibadalhajikan," lanjutnya.

Menurut Abdullah, kondisi cuaca rata-rata di Arab Saudi pada hari ini berkisar antara 30⁰C - 43⁰C dengan kelembaban rata-rata 8%. Jemaah diimbau tidak banyak beraktivitas di luar ruangan mengingat suhu udara cukup panas. "Jemaah haji kami harap juga selalu menerapkan protokol kesehatan, makan dan minum tepat waktu dan beristirahat yang cukup," pesannya. 

Berikut data keberangkatan jemaah haji pada 5 Juni 2022:

  1. Embarkasi Padang:  PDG2 dengan 393 jemaah.
  2. Embarkasi Jakarta Bekasi:  JKS3 dan JKS4, masing-masing 410 jemaah.
  3. Embarkasi Solo: SOC3 dan SOC4, masing-masing 360 jemaah.
  4.  Embarkasi Surabaya: SUB2 dengan 450 jemaah.
  5. Embarkasi Jakarta Pondokgede: JKG2 dan JKG3, masing-masing 393 jemaah.

Sumber: Kemenag.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait