Saat Jokowi Ajak Perdana Menteri Australia Anthony Albanese Naik Sepeda Bambu

Redaksi | 7 Juni 2022 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam rangkaian penyambutan resmi Perdana Menteri  Australia Anthony Albanese, di Istana Kepresidenan Bogor, Senin, 6 Juni 2022, Presiden Jokowi mengajak PM Albanese bersepeda. Dari Istana Kepresidenan Bogor, kedua pemimpin menaiki sepeda bambu menuju Resto Raasaa yang terletak di Kebun Raya Bogor. "Cuacanya bagus dan naik sepeda ini kan ramah lingkungan, saya kira kita harus memulai menyampaikan pesan betapa penting kendaraan yang ramah lingkungan. Ini memang rute yang biasa saya pakai untuk olahraga," ujar Jokowi di Resto Raasaa, Kebun Raya Bogor.

PM Albanese mengaku bersepeda pagi itu adalah pengalaman luar biasa dan menganggapnya sebagai kehormatan besar.

PM Albanese memandang bahwa kegiatan bersepeda tersebut juga menunjukkan persahabatan antara Australia dan Indonesia. Menurutnya, Presiden Jokowi bahkan menawarkan agar sepeda bambunya dibawa ke Australia. "Presiden telah menawarkan kepada saya untuk membawa sepeda itu kembali ke Australia dan Anda akan melihat saya mengendarai sepeda bambu satu-satunya di Canberra. Tapi itu pengalaman yang luar biasa dan setiap kali saya naik sepeda, saya akan ingat persahabatan dengan Presiden Widodo," tuturnya.

Presiden Jokowi dan PM Albanese menggunakan sepeda bambu yang dirancang untuk digunakan di jalan raya. Sepeda ini hasil karya Singgih S. Kartono dari Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Kedua pemimpin kemudian menggelar pembicaraan tete-a-tete di area taman batu putih Resto Raasaa, Kebun Raya Bogor. Selama sekitar 30 menit terlibat perbincangan hangat sebelum kembali ke Istana Kepresidenan Bogor dengan menggunakan mobil golf untuk melakukan pertemuan bilateral kedua negara.

Sumber: presidenri.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait