Sempat Ada Kelonggaran, Putri Candrawathi Resmi Ditahan di Mabes Polri

Supriyanto | 1 Oktober 2022 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Putri Candrawathi, tersangka kasus pembunuhan Brigadir J resmi ditahan di Mabes Polri pada Jumat (30/9). Istri mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo itu menjadi tahanan atas putusan penyidikan Direktorat Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri.

Eksekusi penahanan dilakukan setelah berkas perkara Putri Candrawathi dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"PC dalam keadaan baik. Oleh karena itu untuk mempermudah proses penyerahan berkas tahap II, hari ini PC kita nyatakan, kita putuskan untuk ditahan di Rutan Mabes Polri," ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (30/9).

Selain Putri Candrawathi, ada empat tersangka lainnya yang juga ditahan. Mereka adalah Ferdy Sambo serta para ajudan Bripka Ricky Rizal dan Bharada Richard Elizer. Kemudian, asisten rumah tangga Kuat Ma'ruf.

Sebelumnya, empat tersangka telah ditahan polisi, Putri belum ditahan karena rasa kemanusiaan.

Mabes Polri juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan psikologi terhadap Putri Candrawathi.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan, hasil evaluasi tersebut menjadi pertimbangan penyidik untuk mengambil langkah lanjutan terhadap Putri Candrawathi.

Polri akan melimpahkan barang bukti beserta para tersangka pembunuhan berencana dan perintangan obstruction of justice di kasus Brigadir J ke Kejaksaan Agung, pada Senin (3/10) besok.

Para tersangka itu diduga melanggar Pasal 49 jo Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat 1 jo Pasal 32 ayat (1) Nomor 19 Tahun 2016 UU ITE. Selain itu, mereka juga dijerat Pasal 55 ayat (1) dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke-2 dan/atau Pasal 233 KUHP.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait