Tragedi Kanjuruhan, Jokowi: Investigasi Tuntas, Beri Sanksi yang Bersalah

Redaksi | 4 Oktober 2022 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (01/10) lalu harus diinvestigasi hingga tuntas. Presiden Jokowi menegaskan bahwa pihak yang telah terbukti bersalah harus diberi sanksi. "Sudah saya sampaikan, diinvestigasi tuntas, diberikan sanksi kepada memang yang bersalah," ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada media di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Senin, 3 Oktober 2022.

Jokowi telah memerintahkan kepada segenap jajarannya menangani tragedi tersebut. "Saya kira juga perintah saya sudah jelas pada Menkopolhukam, pada Kapolri, pada Menpora dan semuanya sudah jelas," imbuhnya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md. di tempat terpisah mengatakan bahwa pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta untuk mengungkap tragedi Kanjuruhan secara tuntas. Tim ini akan dipimpin langsung Menko Polhukam yang keanggotaannya akan ditetapkan paling lama dalam 24 jam ke depan.

Menko Polhukam menjelaskan bahwa tim ini akan terdiri atas pejabat/perwakilan kementerian terkait, organisasi profesi olahraga sepak bola, pengamat, akademisi, dan media massa. "Nanti akan diumumkan secepatnya. Itu yang tugasnya kira-kira akan bisa diselesaikan dalam dua-tiga minggu ke depan," ungkapnya di Kantor Kemenko Polhukam, Senin, 3 Oktober 2022.

Mahfud mengatakan bahwa untuk langkah jangka pendek pemerintah meminta Polri agar dalam beberapa hari ke depan segera mengungkap pelaku yang terlibat tindak pidana. Polri juga diminta untuk melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan keamanan di daerah setempat.

Sumber: presidenri.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait