MTQ Nasional ke-29 Digelar di Banjarmasin, Yakut Cholil Qoumas Bawa Spirit Al Quran

Redaksi | 9 Oktober 2022 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lomba membaca Al-Qur'an tingkat nasional, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX 2022 dipastikan digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 10-19 Oktober 2022 mendatang. 

Ajang dua tahunan itu kali ini mengusung tema "Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Quran untuk Mewujudkan Masyarakat Relijius dan Moderat”. 

Rencananya MTQ XXIX 2022 akan di buka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 12 Oktober 2022 dan disiarkan langsung di TVRI Nasional. 

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, spirit Al Quran melekat dengan kehidupan bangsa Indonesia. Menurutnya, peran umat Islam dalam mewarnai keberagaman Indonesia tak dapat dilepaskan dari spirit Al Quran yang begitu membumi.

“Hal ini bisa dilihat dengan semaraknya pengajian-pengajian di mushalla, masjid, bahkan di rumah-rumah. Al Quran adalah gerbang menuju pembentukan peradaban manusia seutuhnya," kata Yaqut Qoumas dalam siaran pers yang diterima wartawan belum lama ini.

Mengenalkan Al-Quran kepada generasi muda, para calon penerus bangsa, telah menjadi tradisi dan budaya Nusantara. Salah satunya melalui ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). 

Gubernur Kalimantan Selatan Dr. (HC) Sahbirin Noor, berharap pelaksanaan MTQ Nasional XXIX 2022 berjalan lancar dan sukses.

“Semoga Kalimantan Selatan bisa menjadi tuan rumah yang baik dan memuaskan kafilah dari berbagai provinsi di Indonesia ,” kata Sahbirin Noor.

Berbagai langkah dilakukan Pemprov Kalsel untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ ke-29, yang akan diikuti kafilah dari 34 provinsi seluruh Indonesia. 

Rencananya, pembukaan MTQ Nasional ke-29 akan berlangsung di Kiram Park, Kabupaten Banjar. Progres persiapan hingga saat ini sudah berlangsung 85%. Untuk mendukung kegiatan MTQ Nasional XXIX 2022 kali ini,  TVRI Kalimantan Selatan dan Kompas TV juga menyiarkan program yang bertajuk Road To MTQ Nasional XXIX yang menayangkan progress seputar Pariwisata, UMKM dan Budaya Kalimantan Selatan.

Nantinya, MTQ Nasional merupakan kedua kalinya diselenggarakan di Banjarmasin. Setelah MTQ ke 3 tahun 1970, maka di tahun 2022 kembali kota Banjarmasin menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke 29 yang akan di laksanakan pada tanggal 10 Oktober hingga 19 Oktober 2022.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait