Tragedi Kanjuruhan: Pemerintah dan FIFA akan Bentuk Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia

Redaksi | 10 Oktober 2022 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bersama-sama dengan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), pemerintah Indonesia akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. Ini salah satu poin dalam surat dari FIFA yang diterima Presiden Jokowi sebagai tindak lanjut pembicaraan per telepon dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, 3 Oktober 2022 lalu.

"Bersama-sama FiFA dan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia dan FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses tersebut," ujar Presiden Jokowi dalam pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 7 Oktober 2022.

Dalam surat tersebut juga disampaikan bahwa sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada 1 Oktober 2022 lalu. "Berdasarkan surat tersebut, alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA," imbuh Presiden Jokowi.

Kepala Negara memaparkan bahwa akan dilakukan langkah kolaborasi antara FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan pemerintah Indonesia untuk:

1 membangun standar keamanan stadion di seluruh stadion yang ada di Indonesia
2 memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional
3 melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama
4 mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi risiko yang ada
5 menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.

Presiden Jokowi menyebutkan bahwa Presiden FIFA, Gianni Infantino, juga akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat. "residen FIFA akan datang ke Indonesia pada Oktober atau November untuk berdiskusi dengan pemerintah,"tandas Jokowi.

Sumber: presidenri.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait