Kiprah Afif Sebelum Jadi Teroris Bom Sarinah

TEMPO | 15 Januari 2016 | 20:03 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sunakim alias Afif menjadi salah satu terduga pelaku aksi teror di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis 14 Januari 2016. Dibandingkan dengan pelaku teror yang lain, Afif merupakan sosok yang paling menonjol.

Pasalnya, dia tetap tenang meski disorot kamera dengan jelas, dia tetap menondongkan senjata laras pendek di tengah kerumunan masa. Hasil jepretan tersebut kini telah berserakan di media sosial.

Lantas, siapakah sosok Afif yang pada saat terekam kamera sedang menggunakan kaos hitam, bercelana jins, dan menggendong sebuah ransel?

Berdasarkan informasi dari Kurnia Widodo mantan narapidana kasus kepemilikan alat ledak kelompok Cibiru, Afif merupakan residivis kasus terorisme. Dia pernah mengikuti pelatihan bersenjata di Aceh sekitar tahun 2009-2010 di bawah kepemimpinan Abu Yusuf. 

Afif dan Kurnia pernah mendekam dalam satu sel saat menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang. "Dia masuk penjara Cipinang sekitar tahun 2011," ujar Kurnia.

Kurnia mengatakan, sebelum masuk penjara, Afif merupakan anggota dari kelompok Majelis Mujahidin Indonesia di Pamulang.

"Pas masuk penjara Cipinang dia terpengaruh ISIS," kata Kurnia.

Saat di Cipinang itulah, Afif bertemu Aman Abdurrahman-- yang mengklaim sebagai Amir Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Asia Tenggara--saat di dalam penjara.

Afif warga asli Karawang, Jawa Barat. Sebelum bergabung dengan ISIS dia sudah memegang paham radikalisme. Ia sudah malang melintang di setiap pesantren di Karawang dan Subang.

Afif keluar dari penjara sekitar pertengahan tahun 2015. Saat di penjara ia meninggalkan satu isteri dan anaknya.

"Afif ini orangnya ngeyel dan ngotot," ujar dia.

Kurnia pun mengatakan, kemampuan Afif dalam hal senjata dan bom sudah didapatkan saat ia bergabung dengan Abu Yusuf di pelatihan bersenjata di Aceh.

Afif dan empat pelaku teror lainnya tewas dalam serangan yang mereka lakukan di Jalan M.H. Thamrin kemarin. Mereka meledakkan bom di depan gerai Starbucks dan di pos polisi di seberangnya, serta menembaki sejumlah orang.

TEMPO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait