Heboh Banyak Ular di Perumahan Kawasan Tangsel, Bukan Jenis yang berbisa

TEMPO | 30 September 2016 | 19:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kabar tentang banyak ular yang bermunculan di wilayah Tangerang Selatan tidak hanya tersebar lewat pesan berisi imbauan dan tips. Ada juga video yang berisi penangkapan seekor ular besar oleh seorang angota satuan pengamanan.

Ular ditemukan dan ditangkap dari antara tanaman perdu di teras sebuah rumah yang belakangan diketahui berada di perumahan The Green, Bumi Serpong Damai. “Ada warga yang melihat ular tapi tidak berani menangkapnya,” kata si satpam, Suwandah, ketika ditemui Kamis 29 September 2016.

Suwandah mengatakan, ular yang ada di video itu jenis sanca. “Bukan jenis ular berbisa,” katanya. Dalam sebulan, dia menambahkan, bisa dua ular ditangkapnya di tempat kerjanya di kompleks perumahan itu.

Suwandah juga mengatakan bukan ular saja yang sering ia tangkap. Satwa jenis biawak pun kadang muncul dari kali di bagian belakang perumahan itu untuk mencari makan.

"Biasanya malam- malam saat sedang patroli di dalam komplek The Green, entah itu ular atau biawak yang lewat untuk mencari makan tikus,” katanya menuturkan. Dia menambahkan, “Kalau sudah begitu dengan bantuan teman langsung saya tangkap agar tidak meresahkan warga.”

Sebelumnya, beredar pesan berantai yang menyebutkan wilayah Bintaro, BSD, Ciputat dan sekitarnya lagi banyak ular. Pesan dilengkapi dengan daftar rumah sakit yang menangani pasien apabila terkena bisa ular dan cara-cara pencegahan apabila terkena bisa ular.

Selain itu ada 11 tip yang disertakan. Di antaranya diminta menutup seluruh lubang drainase dengan kawat nyamuk atau ijuk serta mengangkat dan memeriksa bawah tabung elpiji 12 kilogram di dalam rumah karena dianggap sebagai tempat persembunyian ular. 

 

TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait