Ratna Sarumpaet Ditangkap, Yusril Ihza Mahendra Siap Membela

TEMPO | 2 Desember 2016 | 13:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ratna Sarumpaet dijemput oleh aparat kepolisian untuk diperiksa atas tuduhan makar.

Mantan Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra menyatakan siap membela secara hukum aktivis Ratna Sarumpaet. Pagi ini, Ratna Sarumpaet dijemput oleh aparat kepolisian untuk diperiksa atas tuduhan makar.

"Saya akan bela mereka, karena saya yakin mereka memperjuangkan sesuatu yang mereka anggap benar, sah, dan konstitusional," kata Yusril dalam akun twitternya pagi ini.

Yusril menuturkan sudah berbicara lewat telepon dengan Ratna Sarumpaet. Dari percakapan itu, menurut Yusril, Ratna dijemput polisi di Hotel Sari Pan Pacific, dan kemudian dibawa ke markas Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Yusril menambahkan Ratna akan dimintai keterangan di markas Brimob karena ada bukti dirinya dan sejumlah orang lain ingin melakukan makar. "Saya katakan kepada Bu Ratna, saya dampingi beliau sebagai lawyer."

Selain membantu Ratna Sarumpaet, Yusril juga menyebutkan dalam cuitannya kalau dia akan membela juga tokoh-tokoh lain yang dijemput polisi pagi ini. Meski dia belum bisa berkomunikasi dengan tokoh lain. "Saya belum bisa komunikasi dengan Kivlan Zein, Adityawarman Taha, Jamran, Hatta Taliwang, Sri Bintang Pamungkas, dll."

Bahkan di antara tokoh-tokoh yang dijemput oleh kepolisian hari ini untuk dilakukan pemeriksaan, terdapat juga anak dari Presiden Soekarno, yaitu Rachmawati Soekarno Putri. "(Rachmawati)! Dikabarkan dijemput polisi dini hari tadi," ucap Yusril.

Cuitan Yusril pagi ini, merupakan respons atas penjemputan sejumlah aktivis hari ini. Cuitan itu merupakan cuitan yang bernomor, dan dinomorinya sendiri hingga cuitan nomor tujuh.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait