Beredar Video Pilot Diduga Mabuk, Ini Tanggapan Manajemen Citilink  

TEMPO | 29 Desember 2016 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebuah potongan video yang menampilkan seorang pilot berjalan terhuyung-huyung dalam proses pengecekan oleh petugas bandara beredar luas di jagat maya. Pilot tersebut diduga merupakan pilot Citilink yang berbicara melantur saat hendak melakukan penerbangan dari Jakarta ke Surabaya pada Rabu, 28 Desember 2016.

Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia Benny S. Butarbutar mengatakan video tersebut belum bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang kredibel untuk mengambil kebijakan. "Yang terpenting, manajemen Citilink sudah mengambil tindakan tegas atas kejadian tanggal 28 Desember dan menggantinya dengan pilot lain," kata Benny kepada Tempo, Kamis, 29 Desember 2016.

Benny sebelumnya juga membantah dugaan pilot Citilink itu mabuk. Dia menjelaskan bahwa pilot tersebut memang terlambat datang untuk penerbangan dan menyebabkan delay sampai 65 menit. Ia menuturkan penerbangan ke Surabaya pun berjalan aman setelah pihaknya mengganti pilot tersebut.

Benny menjelaskan, pilot yang bersangkutan juga telah dibawa ke klinik kesehatan bandara untuk melakukan tes urine dan tes fisik awal. Hasil pemeriksaan menyatakan negatif.

Dalam video yang beredar, gelagat pilot tersebut tampak tidak biasa. Ia berjalan terhuyung-huyung sambil mengenakan kacamata hitam. Dari pintu masuk, barang-barang yang digenggamnya terjatuh. Barang pertama adalah topi pilot yang jatuh tepat di pintu.

Selain itu, saat tas selempangnya baru keluar dari mesin X-ray, pilot tersebut menarik tali dan penutup tas bersamaan sehingga isi tas jatuh dan berceceran. Setelah petugas membantu memasukkan barang-barangnya ke dalam tas, ia pun kembali menjatuhkan topinya. Terakhir, setelah melambaikan tangan kepada petugas, kacamatanya terjatuh.

 

TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait