Coding Mum Dorong Perempuan Indonesia Lebih Kreatif

Ari Kurniawan Sabtu, 11 Maret 2017 05:30:18
CIRI bekerjasama dengan Bekraf menggelar pelatuhan Coding Mum (Ari/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Seiring perkembangan zaman, peran perempuan semakin besar dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak hanya sebatas mengurus anak dan suami, perempuan mulai unjuk kekuatan sebagai pemimpin di berbagai belahan dunia. 

Berangkat dari fakta tersebut, Citra Kartini Indonesia (CIRI) bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar pelatihan "Coding Mum". Pelatihan ini diikuti 20 perempuan dari berbagai komunitas. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan peranan perempuan dalam pertumbuhan ekonomi kreatif.

Pelatihan yang menargetkan ibu rumah tangga dan pelaku UKM ini diharapkan dapat meningkatkan daya guna di era teknologi informasi, sehingga para ibu mampu mendapat penghasilan dari bekerja paruh waktu di rumah. 

Dara I Wahid, Ketua Bidang Perempuan dan Ekonomi Kreatif CIRI mengatakan, peserta nantinya diharapkan dapat bisa membuat sendiri front-end website, mulai dari toko daring (online), company profile, dan website bagi komunitasnya. 

"Banyak ibu yang menjaga anak di rumah namun punya waktu luang untuk lebih kreatif. Melalui medsos memang sekarang bisa, tapi kita ingin mereka lebih luas. Wawasan mereka tidak hanya di media sosial," ujar Dara, saat penutupan pelatihan Coding Mum, di Hotel Grand Kemang, Kamis (9/3).

CIRI bekerjasama dengan Bekraf menggelar pelatuhan Coding Mum (Ari/tabloidbintang.com)
CIRI bekerjasama dengan Bekraf menggelar pelatuhan Coding Mum (Ari/tabloidbintang.com)

Sementara itu, Ayu Heni Rosan selaku Ketua CIRI mengatakan, pemilihan peserta dari komunitas agar mereka yang telah mendapat pelatihan dapat meneruskan, mengajarkan dan membantu anggota lain dalam komunitasnya. 

"Baik yang ingin menjadi programmer atau yang memiliki usaha UKM, sehingga ilmu yang didapat terus mengalir dan bermanfaat untuk orang banyak," ujarnya. 

Berbagai komunitas yang terlibat antara lain FATAYAT NU, Sisternet, Muslimat NU, Depok Menulis, Koperasi Yasmin, Toko NU online, PC Persatuan Wanita Wirausaha Lamongan Jawa Timur, Perkumpulang Pengusaha Jilbab Lamongan Jawa Timur, DPP Perwanas, Perkumpulan Sulut, Komunitas Pencinta Teh, YKM Klinik Hemodialisa, Komunitas Organik Jawa Barat, IPEMI Depok, dan Panti Asuhan Harapan Remaja.

(ari/ari)

Penulis Ari Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.