Pilkada DKI, Kalah Quick Count, Ahok Ajak Melupakan Persoalan Selama Kampanye

TEMPO | 19 April 2017 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengakui kemenangan pasangan Nies Baswedan - Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI Jakarta. Pengakuan itu didasarkan atas hasil quick count (penghitungan cepat) putaran kedua. "Tentu kami harapkan ke depan, kami ingin semua lupakan persoalan selama kampanye dan Pilkada di Jakarta. Karena Jakarta ini rumah kita bersama, mari bangun bersama," ujar Ahok di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Rabu, 19 April 2017.

Ahok juga menyatakan rasa terima kasih kepada seluruh aparat keamanan yang mampu menciptakan suasana kondusif selama Pilkada berlangsung. Begitu juga kepada panitia penyelenggara Pilkada yang telah bekerja keras untuk mendapatkan pemimpin rakyat di Ibu Kota.

Ahok mengatakan saat ini dirinya masih menjadi gubernur DKI sebelum gubernur terpilih dilatik. Sisa waktu yang dimiliki akan digunakan untuk mengerjakan seluruh program yang belum berjalan. Setidaknya, kata Ahok, masih ada waktu enam bulan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Kami akan berusaha melunasi PR dan janji kami. Tentu enggak mungkin selesai PR-PR itu. Kami harapkan Pak Anies dan Pak Sandi bisa teruskan dengan baik," ujar Ahok.

Ahok menyadari kekalahan ini akan menimbulkan kesedihan dan kekecewaan bagi pendukungnya. Namun dia berharap pihak-pihak yang telah membantu pasangan Basuki-Djarot tetap dapat menerima dengan baik hasil pemungutan suara. "Percayalah kekuasaan itu Tuhan yang kasih dan Tuhan pula yang ambil. Tidak ada seorang pun bisa menjabat tanpa seizini Tuhan," ujar Ahok.

Ahok bercerita dirinya juga pernah kalah dalam Pemilihan Gubernur Bangka Belitung 2007. Namun, ia menyadari bahwa semua hasil atau keputusan apapun tergantung pada kehendak Tuhan. "Saya sampai kan kepada pendukung saya, jangan sedih. Tuhan selalu tahu yang terbaik (waktu itu). Eh, aku jadi gubernur DKI kan? Lumayan gitu lah ya," ujar Ahok.
 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait