Tamasya Kejujuran di Monumen Gembok Kejujuran di Madiun

Redaksi Rabu, 9 Agustus 2017 23:59:54
Tamasya kejujuran di Monumen Gembok Kejujuran

TABLOIDBINTANG.COM - Kota Madiun kini punya monumen yang diberi nama Monumen Gembok Kejujuran. Di bulan Agustus ini pula Kabupaten Madiun juga akan mendirikan Monumen Gembok Kejujuran di Caruban, Jawa Timur. Tapi apakah pendirian Monumen Gembok Kejujuran yang dimotori seniman Harry Tjahjono dan para tokoh anti korupsi ini ada manfaatnya dan layak dilanjutkan?

"Kami sedang menyusun program kegiatan berkala yang akan kami gelar setiap hari Minggu pukul 09.00 s/d 17.00 di Monumen Gembok Kejujuran. Kalau ada saran/masukan untuk program yang kami sebut Minggu Budaya Kejujuran itu, kami persilakan," kata Harry Tjahjono.

Pada Jumat, 4 Agustus 2017 lalu, mengawali dari tradisi "tamasya kejujuran", anak-anak, dimulai dari TK Antonius Madiun, menguncikan gembok di Monumen Gembok Kejujuran. Aneka lomba juga akan digelar di monumen ini, termasuk lomba nyanyi untuk anak-anak. "Sampai hari ini kami sudah mendapat donasi 19 (sembilan belas) buah sepeda dari teman-teman Jaringan Pekerja Budaya Madiun, untuk dihadiahkan kepada peserta lomba," kata Harry Tjahjono, penulis skenario sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini.

Lomba nyanyi ini merupakan salah satu kegiatan budaya yang akan diadakan secara berkala seminggu sekali dengan judul Minggu Budaya Indonesia Tanah Air Kejujuran. Acara ini sepenuhnya murni prakarsa dan swadaya masyarakat.
    
"Memang bukan kegiatan budaya berskala nasional, dalam arti menghadirkan artis atau penampil papan atas. Namun, dengan memberikan ruang, panggung dan kesempatan pada pelaku budaya lokal, setidaknya bisa memotivasi tumbuhnya tradisi berkesenian, utamanya membudayakan kejujuran lewat atraksi budaya," tegas Harry Tjahjono, wartawan senior yang juga penulis beberapa novel yang sudah diangkat ke layar lebar.

Monumen Gembok Kejujuran yang berupa seni intalasi itu berdiri di Lapangan Gulun, Madiun. Pada 20 Juli 2017 diresmikan Plt Walikota Madiun dengan acara penguncian 1.000 gembok. Acara peresmian Monumen Gembok Kejujuran berlangsung meriah dan dihadiri banyak pihak yang peduli pada upaya pemberantasan korupsi.

(adm)

Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.