Penipuan Berkedok Petugas PLN, Pelaku Beraksi Sendirian

TEMPO Kamis, 12 Oktober 2017 23:00:54
Polisi menunjukkan pelaku barang bukti penipuan bermodus mengaku petugas PLN (Tempo)

TABLOIDBINTANG.COM - Seorang tersangka tindak penipuan dengan berkedok sebagai petugas PLN, Dirman bin Sudin, mengaku melakukan aksinya sendirian di kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

Dirman mengatakan datang ke Jakarta tinggal di Bekasi Timur dan tidak memiliki pekerjaan tetap alias menganggur. "Dia ditangkap di Jalan Melati Kosan, Pondok Mede, Bekasi Timur," kata Kepala Subbidang Penerangan Masyarakat Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya Ajun Komisaris Besar I Gede Nyenyeng pada Kamis, 12 Oktober 2017.

Dirman menuturkan, membodohi para korbannya selama tiga bulan sejak Agustus hingga Oktober 2017. Dia meyakinkan korbannya dengan menunjukkan kartu identitas petugas PLN, surat tugas, dan buku kuitansi pembayaran. “Saya dapat Rp 10 juta dari hasil menipu,” ucap Dirman di depan para wartawan di Kepolisisan Daerah Metro Jaya. 

Pria kelahiran Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, pada 1986 tersebut warga Jalan Hayam Wuruk, Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara. 

Selama menjalan aksinya Dirman telah menipu 18 korban di dua wilayah di Jakarta tersebut. Pelaku berpura-pura menjadi petugas PLN yang hendak menggantikan alat pengukur listrik dengan yang baru. "Calon korban dimintai uang Rp 450 ribu hingga Rp 1 juta," kata Gede.

Dirman mengatakan pada polisi bahwa dia tidak mengerti soal kelistrikan. Sedangkan modus penipuan itu dia pelajari dari kasus sebelumnya lewat Internet. ”Saya bukan karyawan PLN,” katanya.

 

TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Suyanto Soemohardjo
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.