Hari Pertama Jadi Gubernur DKI, Anies Baswedan Mengaku Ekstra Semangat

TEMPO | 17 Oktober 2017 | 13:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai menjalankan tugas sebagai orang nomor satu di ibu kota. Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno, tiba di Balai Kota sekitar pukul 07.30 WIB. Pada hari pertama, Anies mengatakan siap menjalankan tugas. "Alhamdulilah datang pagi ini. Hari pertama ini, kami ekstra semangat. Tadi berangkat pagi bareng-bareng," ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2017.

Pada hari pertama Anies Baswedan mengatakan ingin mengenal lingkungan Balai Kota, mulai dari pejabat hingga sistem birokrasi. Setelah itu akan mulai menyusun langkah sebagai gubernur dan wakil gubernur.

"Hari ini kami akan mengenal orangnya, kemudian situasi kantornya, lalu ketiga laporan beberapa hal-hal mendasar yang kami anggap penting," ujar Anies.

Anies Baswedan belum mau menyebutkan agenda yang akan ia lakukan hari ini. Ia meminta media menunggu informasi selanjutnya. Yang, terpenting, katanya, pagi ini Anies dan Sandi ingin bertemu jajaran satuan kerja perangkat daerah yang ada di Balai Kota.

"Kami akan saling kenal. Bagaimana bisa kerja bersama dengan organisasi sebesar ini jika tidak kenal individu-individunya? Jadi, perkenalan dulu," ujar Anies.

Anies Baswedan mengatakan tetap akan menerima pengaduan masyarakat yang datang ke Balai Kota. Kebiasaan tersebut sudah dilakukan sejak Jakarta dipimpin Joko Widodo, kemudian dilanjutkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, hingga Djarot Saiful Hidayat. 

Dia juga akan membuka pengaduan untuk warga Jakarta dengan mengaktifkan seluruh aparatur dan kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Sehingga warga enggak selalu harus repot-repot di kantor gubernur. Tapi, gubernur dan wakil gubernur tetap membuka diri," ujar Anies. 

Anies Baswedan menjadwalkan pertemuan dengan masyarakat. Hal tersebut juga pernah dibocorkan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Syarief bahwa Anies-Sandi akan menjadwalkan agenda "Sarapan bersama Warga Jakarta" di Balai Kota. Agenda itu akan dberjalan sepekan sekali. 

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait