Mengintip Persiapan Pernikahan Kahiyang - Bobby

4 Motif yang Berarti 4 Doa untuk Keluarga Bobby Nasution

Wayan Diananto Sabtu, 28 Oktober 2017 21:30:58
4 Motif yang Berarti 4 Doa untuk Keluarga Bobby Nasution (dok. Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Beskap yang digunakan dalam pernikahan adat Jawa memiliki filosofi mendalam. Saat laki-laki mengenakan beskap lengkap, ada tiga elemen yang mesti diukur yakni belangkon, baju, dan selop.

Belangkon simbol pikiran. Baju mencerminkan hati. Selop merujuk kepada langkah kaki atau perilaku. Filosofinya, pikiran, hati, dan tindakan memakai standar diri sendiri. 

Saat mengenakan pakian adat lengkap, laki-laki berjalan menapak tanah, Tidak jinjit atau jengket. Artinya, jangan menggapai sesuatu yang melebihi kemampuan. “Ketika diukur, Mas Bobby tidak ada permintaan khusus,” imbuh Sugiyatno.

Ia menambahkan, “Jarit simbol doa untuk si pemakai dalam hal ini mempelai bersama keluarga. Ada 4 motif yang akan dikenakan Bobby dan keluarga. Pertama, Jati Kusumo yang merefleksikan kepercayaan diri. Kedua, Wahyu Gumulung, simbol harapan atas berkat Tuhan. Ketiga, Wahyu Tumurun, yakni doa agar seumur hidup mempelai direstui Sang Pencipta. Terakhir, Palang Baris. Motif ini menyiratkan nasihat agar si pemakai berlaku sesuai jalan yang ingin ditempuh serta mengarah ke satu tujuan yang pasti.”

Toko Busana Jawi Suratman berdiri sejak 1921. Sugiyatno adalah generasi ketiga. Keluarganya tidak memiliki pekerjaan lain kecuali mempertahankan bisnis busana adat. Sugiyatno mengelola toko ini sejak 1981. 

Sebenarnya, ia bisa menerima pesanan pakaian adat lengkap. Namun Presiden Jokowi, kata Sugiyatno, punya kebiasaan unik.

4 Motif yang Berarti 4 Doa untuk Keluarga Bobby Nasution  (Wayan / tabloidbintang.com)
4 Motif yang Berarti 4 Doa untuk Keluarga Bobby Nasution  (Wayan / tabloidbintang.com)

“Meski saya bisa membuat busana Jawa dari belangkon sampai selop, tapi beliau tidak mau menyerahkan proyek itu kepada satu pihak saja. Belangkon dipercayakan kepada si A, sikepan dan beskap diberikan kepada saya. Tujuannya, pemerataan. Orang diberi kesempatan untuk berkontribusi. Itu sifat Pak Jokowi sejak dulu,” ulas dia.

Selain itu, Sugiyatno menerima pesanan lain untuk keluarga besan yakni beskap Jawa, namun pada bagian lengan terdapat tumpal berupa motif ulos.

“Ini simbol keharmonisan budaya Jawa dan Batak. Jumlahnya 20, warnanya merah maroon. Order itu datang seminggu setelah Mas Bobby menjalani fitting,” pungkas Sugiyatno.

 


Penulis Wayan Diananto
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore