Begini Aksi Presiden Jokowi saat Memasang Bleketepe di Atas Gerbang Rumahnya

Ari Kurniawan | 7 November 2017 | 10:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mengikuti urutan prosesi pernikahan adat Jawa, Presiden Jokowi selaku ayah dari calon mempelai wanita terjun langsung dalam prosesi pemasangan bleketepe.

Bleketepe merupakan rangkaian blarak atau daun kelapa, yang harus dipasang di atas gerbang menuju kediaman pemilik hajat. 

Jokowi yang mengenakan setelan beskap merah, menggunakan tangga aluminium untuk mencapai bagian atas pintu utama rumahnya, yang ada di kawasan Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Setelah bleketepe terpasang, Jokowi turun dari tangga untuk membuka kain penutup uwuhan, yakni sebuah rangkaian yang terdiri dari pisang raja, padi, tebu wulung,  cengkir gadhing, daun randu, dan daun opo-opo

Tidak ada komentar dari Jokowi soal proses yang baru saja ia laksanakan. Mantan Wali Kota Solo itu hanya melambaikan tangan dan tersenyum ke arah wartawan.

Setelah pemasangan bleketepe, acara dilanjutkan dengan prosesi siraman Kahiyang Ayu. Acara ini tertutup untuk peliputan media. Di tempat terpisah, calon mempelai pria, Bobby Nasution, juga menjalani acara siraman. Yakni di Hotel Alila, Solo. 

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan digelar di Gedung Graha Saba Buana, Rabu (8/11) besok. Setelah akad nikah di pagi hari, resepsi digelar di lokasi yang sama pada siang dan malamnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait