Siraman, Kahiyang Ayu Gunakan Air dari 7 Sumber Berbeda

Ari Kurniawan | 7 November 2017 | 10:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sehari jelang pernikahan, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution menjalani proses siraman di dua tempat berbeda.  Kahiyang Ayu di kediaman orang tuanya, di kawasan Sumber, Banjarasari, Solo Jawa Tengah. Sementara Bobby Nasition di Hotel Alila, Solo. 

Menurut Kanjeng Pangeran Aryo Winarno Kusumo, Budayawan Jawa, siraman memiliki filosofi penting dalam sebuah pernikahan. 

"Siraman diartikan sebagai menyucikan diri lahir batin dan siap untuk meninggalkan alam remaja, ke dewasa, dan membangun keluarga," ujarnya, saat berbincang dengan tabloidbintang.com, Selasa (7/11) pagi. 

Air yang digunakan untuk dalam prosesi siraman bukan air biasa, melainkan harus diambil dari tujuh sumber mata air yang berbeda. 

"Setelah siraman, ada pangkas rambut. Yang dilambangkan sebagai menghilangkan sukerto atau kotoran yang ada," lanjut Kanjeng Pangeran Aryo.

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan digelar di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11) besok. Prosesi akad nikah dimulai pukul 9.00 WIB. Sementara resepsi dilaksanakan dalam sesi, yakni siang dan malam hari.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait