Biaya Pernikahan Kahiyang Ayu Diperkirakan Mencapai Lebih dari Rp 2 Miliar

TEMPO | 9 November 2017 | 10:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, menikah dengan  Bobby Nasution pada Rabu, 8 November 2017. Resepsi pernikahan dihelat di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.

Jumlah keseluruhan tamu di pernikahan tersebut mencapai delapan ribu orang. Dengan jumlah tamu yang mencapai ribuan, termasuk tamu VVIP, biaya pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby Nasution ditaksir menelan dana miliaran rupiah.

Wedding Consultant dari PT Bahtera Ratu Persada Yuliningtias mengatakan pernikahan putri presiden pasti mementingkan kualitas dari segala aspek. Karena itu, kata dia, dapat dipastikan semua yang dikenakan mulai dari makanan, baju dan pelaminan adalah yang terbaik.

Yuliningtias menyebutkan, untuk katering, wedding organizer biasanya mematok harga paling murah 80 juta rupiah untuk setiap seribu orang.  Meski pernikahan ini menggunakan jasa penyedia makanan milik Kaesang Pangarep, putra presiden Jokowi, menurut Yuliningtias tetap dibutuhkan biaya untuk membeli bahan baku. “Jadi saya perkirakan untuk makanan saja butuh dana lebih dari 500 juta. Itu baru makanan utamanya, belum makanan ringannya lo,” kata dia saat dihubungi, Rabu, 8 Oktober 2017.

 

Untuk biaya pakaian, Yuliningtias memperkirakan butuh biaya 20 juta untuk baju pasangan pengantinnya saja. Sementara  baju seragam keluarga pengantin, bisa menelan 100 juta. Sedangkan untuk biaya dekorasi, dia mengkisar 50 juta habis untuk biaya dekorasi pelaminan. “Lalu biaya foto karena Kahiyang beberapa kali melakukan foto prewedding pasti sampai Rp 25 juta sampai Rp 30 juta,” kata dia.

Selain itu, untuk biaya pembawa acara berkisar 5 juta per acara. “Karena pernikahan ini menggunakan lima pembawa acara, maka dana yang dibutuhkan adalah 25 juta,” kata dia. Untuk biaya gedung, karena yang digunakan adalah milik Jokowi maka biaya yang dikeluarkan hanya untuk keperluan listrik. “Kalau gedung sendiri ya seperti orang hajatan di rumah saja,” kata dia.

Kata Yuliningtias, ada lagi biaya ekstra seperti jasa keamanan, makanan cadangan, transportasi tamu dan biaya sampingan lainnya. Ia memperkirakan seluruh biaya yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution mencapai lebih dari  2 miliar. “Diperkirakan menyentuh 2 sampai 3 miliar.”

Soal mewahnya pernikahan Kahiyang Ayu dibantah oleh Jokowi. Dia menyatakan pernikahan putrinya relatif sederhana, tidak mewah. "Ya relatif-lah ya yang namanya sederhana. Wong kita ini juga punya hajatannya di kampung, ya kan. Gedung juga gedung sendiri. Catering juga sendiri, panitia juga sendiri,” ujar Presiden Joko Widodo sebagaimana dikutip dari siaran pers Istana Kepresidenan, Selasa, 7 November 2017.

Jokowi juga merasa nikahan Kahiyang Ayu tidak jauh berbeda dengan pernikahan-pernikahan lainnya. Rangkaian prosesinya pun tidak ada yang benar-benar istimewa. “Jadi jangan dibandingkan dengan yang lain-lain. Kita ini hajatannya di kampung, di daerah, jadi ya adanya seperti ini,” ucap Jokowi.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait