Resepsi Kahiyang Ayu di Medan, Keluarga Bobby Nasution Akan Potong Kerbau

TEMPO | 9 November 2017 | 23:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Keluarga besan Presiden Jokowi segera kembali ke Medan untuk menyiapkan upacara adat sebagai rangkaian pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution. Acara akan digelar sesuai adat Mandailing.

 Erwan Nasution, paman Bobby menjelaskan upacara adat itu digelar selama beberapa hari. "Mirip-mirip seperti adat Jawa kemarin, acara juga selama beberapa hari," katanya, Kamis, 9 November 2017.

Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu akan berangkat ke Medan pada 19 November 2017. Acara adat pertama, pemberian marga untuk Kahiyang Ayu pada 21 November 2017. Marga yang didapatkan Siregar, mengikuti nama marga ibu Bobby.

"Nanti keluarga Nasution akan datang ke rumah tulangnya (paman) Bobby dari ibunya," kata Erwan. Mereka akan meminta agar paman dari garis ibu Bobby memberikan marga tersebut untuk Kahiyang Ayu.

Dua hari berikutnya, keluarga Bobby akan memotong kerbau untuk keperluan jamuan pesta 'ngunduh mantu' itu. Jumlah kerbau yang akan dipotong belum ada kepastian. Berdasarkan adat setempat, kerbau yang dibutuhkan berasal dari hasil gotong royong masyarakat setempat.

Erwan berharap pesta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby di Medan bisa berjalan lancar seperti pesta pernikahan di Solo. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih pada warga Solo yang telah memberi sambutan hangat pada keluarga Bobby yang datang dari Medan.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait