Bukan Ngunduh Mantu, Ini Sebutan untuk Acara Kahiyang Ayu - Bobby di Medan

TEMPO | 20 November 2017 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah melangsungkan akad nikah dan resepsi di Solo, Jawa Tengah, pada 8 November 2017 lalu, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution bakal menggelar pesta pernikahan di Medan, Sumatera Utara.

Masyarakat Jawa menyebut acara penyambutan pengantin perempuan di keluarga pengantin laki-laki sebagai Ngunduh Mantu. Namun dalam adat Mandailing, suku keluarga besar Bobby Afif Nasution, acara ini dikenal sebagai Haruan Boru.

"Tidak ada istilah ngunduh mantu di Mandailing. Kalau nanti acara putri Presiden Jokowi dibilang ngunduh mantu, itu mungkin karena sedikit banyaknya sudah dikombinasikan dengan kondisi sekarang sehingga disebut ngunduh mantu," kata Iswar Matondang, Pimpinan Raja Marga Bayo di daerah Hulu Pungkut, Mandailing Natal, kepada Tempo, Minggu (19/11).

Ada pula proses penyambutan pengantin perempuan oleh ibu dari pengantin pria atau Namboru. Sebelum masuk ke dalam rumah pengantin pria, pengantin wanita harus menginjak batang pohon pisang sebagai simbol kedamaian dalam berumah tangga. Selain batang pisang, diletakkan pula beberapa dedaunan kayu ara baringin dan daun kayu torok di atas pintu.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait