Sambut Kahiyang Ayu, Keluarga Bobby Sajikan Makanan Khas Mandailing

TEMPO | 20 November 2017 | 10:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, sudah tiba dikediaman orang tua suaminya, Bobby Afif Nasution, pada Minggu (19/11). Kahiyang Ayu disambut dengan makanan tradisional dari Mandailing, yaitu Itak.

Itak merupakan makanan asal Mandailing yang terbuat dari tepung beras. "Itak dicetak menggunakan kepalan tangan", beri tahu Nani Nurdin Lubis, salah satu keluarga Bobby. 

Nani menjelaskan jika Itak disajikan dengan beras yang dan siraman santan. Maknanya adalah memberikan keeratan dalam hubungan keluarga Kahiyang Ayu-Bobby.

Total Ipak disiapkan berjumlah 300 porsi. Namun sebagai simbolik, hanya dua yang disajikan untuk Kahiyang dan Bobby yang hari ini pulang untuk pertama kalinya ke Medan dengan status suami-istri. "Itak masuk dalam rangkaian Upah-Upah Patujolo (permulaan)", kata Nani.

Penyajian Itak merupakan salah satu rangkaian acara dalam penyambutan Kahiyang Ayu. Acara penyambutan atau disebut Horuan Boru sendiri merupakan awal dari prosesi ngunduh mantu Kahiyang Ayu - Bobby yang rencananya dilaksanakan pada 24-26 November 2017.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait