Resepsi Kahiyang Ayu di Medan, Makanan Khas Mandailing Jadi Sajian Utama

TEMPO | 23 November 2017 | 12:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tamu yang hadir di resepsi pernikahankan Kahiyang Ayu Siregar dan Bobby Afif Nasution di Medan, Sumatera Utara, akan disuguhi makanan khas Mandailing. Pilihan menu yang disajikan pun terbilang beragam.

"Menu sesuai permintaan keluarga, sangat sederhana", ujar Beby Nasution, pemilik katering yang bertanggungjawab urusan konsumsi resepsi Kahiyang Ayu - Bobby Nasution.

Beby memaparkan untuk hidangan utama di tanggal 24 dan 25, bahan bakunya adalah ikan sale. Pilihannya ada yang dimasak gulai dan sale balado. Terdapat pula sambal tuktuk dan daun ubi tuktuk khas Mandailing.

Selain itu juga disediakan makanan yang biasanya dijual disaat bulan puasa, yakni pakat. Pakat adalah jenis makanan yang terbuat dari rotan muda atau batang rotan yang paling muda. Biasanya dimasak dengan cara dibakar.

Ada pula makanan bernama Holat. Ini adalah kaldu hasil perasan beberapa kali dari serutan tanaman balakka (Phylanthus Embelica) yang direndam air hangat. Setelah ditambah beberapa rempah lainnya, biasanya kaldu disajikan menjadi kuah untuk ikan yang telah dibakar.

Untuk minuman, terdapat tiga pilihan. Yaitu terong belanda, fruit punch dan markisa cocktail.

Sedangkan untuk resepsi tanggal 26, menu tidak berbeda jauh dengan makanan pada umumnya. "Karena resepsi umum, menu nasional disajikan untuk tanggal 26", kata Beby.

Sebanyak 30 pekerja membantu Beby dalam menyelesaikan 10 ribu porsi makanan. Lalu pada hari resepsi Kahiyang Ayu - Bobby Nasution nanti, 300 pramusaji akan bersiap untuk melayani tamu yang hadir.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait