Imunisasi Difteri Serentak di 12 Kota, Ini Tanggalnya

TEMPO | 8 Desember 2017 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Outbreak response immunization (ORI) atau tanggap darurat wabah difteri dengan imunisasi akan dilakukan secara serentak pada 11 Desember 2017. Hal ini dilakukan karena penyebaran difteri telah menjadi kejadian luar biasa di Depok dengan penemuan 12 kasus dan satu balita meninggal.  

“Jadi, mulai Senin, 11 Desember 2017, sudah harus melakukan imunisasi DPT (difteri, pertusis, tetanus) serentak di 12 kabupaten/kota untuk semua anak usia di bawah 19 tahun,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Noerzamanti Lies Karmawati, kepada Tempo, Kamis (7/12).

Selain di Kota Depok, imunisasi akan dilakukan di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

Menurut Lies, gejala suspect difteri adalah batuk, demam, sesak nafas, sakit saat menelan dan ada pseudomembaran di tenggorokan. Pasien difteri juga mengalami pembesaran kelenjar getah bening di leher. Untuk memastikan gejala suspect itu positif difteri harus melalui pemeriksaan laboratorium. “Kalau positif difteri, di spesimen apus tenggorakan akan ditemukan kuman Corynebacterium diphtheriae," ujarnya.

Penyebaran wabah difteri bisa lewat udara dan kontak langsung dengan penderita. Sehingga perlu dilakukan imunisasi secara rutin kepada anak-anak yang rentan terkena. “Rencananya imunisasi dilakukan tiga kali, yaitu pada Desember 2017, Januari 2018, dan Juli 2018,” tutur Lies.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait