Gubernur Anies Baswedan Ajak Saksikan Gerhana Bulan, di Mana Lokasinya?

TEMPO | 30 Januari 2018 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan surat edaran soal gerhana bulan total yang diperkirakan terjadi Rabu, 31 Januari 2018. Dalam suratnya dia menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, serta Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual untuk mengajak masyarakat menyaksikan fenomena alam tersebut.

Anies Baswedan memastikan akan bergabung dengan masyarakat untuk mengamati proses bayangan bumi menutup seluruh permukaan bulan itu. "Insya Allah saya nonton gerhana. Nanti tempatnya saya kabarin," katanya di Balai Kota Jakarta, Selasa, 31 Januari 2018. "Semoga besok awannya bersahabat."

Gerhana bulan total adalah peristiwa alam yang terjadi saat bumi berada dalam garis lurus di tengah-tengah bulan dan matahari. Kesejajaran itu menyebabkan cahaya matahari terhalang oleh bumi, sehingga bulan akan nampak gelap. BMKG menyatakan peristiwa gerhana super blue blood moon ini sangat langka karena hanya terjadi 100 tahun sekali. Bahkan, gerhana super blue blood moon terakhir terjadi 150 tahun lalu.

Gubernur Anies Baswedan telah memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI untuk menyiapkan fasilitas dan dukungan agar masyarakat dapat menyaksikan fenomena langka itu. Adapun enam lokasi yang disiapkan itu adalah Planetarium Taman Ismail Marzuki, area Monas, perkampungan Betawi Setu Babakan, Taman Fatahillah, Kepulauan Seribu, dan Taman Mini Indonesia Indah.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait