Sandiaga Uno Akan PIndahkan PKL Jalan Jatibaru ke Sky Bridge Tanah Abang

TEMPO | 6 Maret 2018 | 20:25 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wagub Jakarta Sandiaga Uno akan memindahkan pedagang kaki lima dari Jalan Jatibaru Raya ke Sky Bridge Tanah Abang. Pemindahan itu solusi atas desakan untuk kembali membuka Jalan Jatibaru Raya yang saat ini ditutup sebagian untuk menyediakan lahan bagi PKL.    

Sandiaga Uno mengatakan Jalan Jatibaru Tanah Abang belum bisa dibuka dalam waktu dekat. Dia beralasan perlu waktu untuk membangun sky bridge yang disebut bakal menjadi tempat relokasi para pedagang kaki lima.

Sandiaga Uno menjelaskan, pembangunan sky bridge memerlukan waktu tiga sampai empat bulan. Dengan alasan itu, Sandiaga mengatakan tak bisa berjanji kapan PKL bisa dipindahkan karena hingga sky bridge rampung para PKL memerlukan tempat sementara.

"Saya enggak bisa menjanjikan, tapi kalau membangun sky bridge akan makan waktu tiga sampai empat bulan. Jadi jangan terlalu berharap bisa dilakukan cepat," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 5 Maret 2018.

Sandiaga Uno belum merinci seperti apa konsep sky bridge yang dimaksud. Dia berujar saat ini konsep penataan jangka menengah masih menunggu persetujuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Adapun ihwal penataan jangka panjang kawasan Tanah Abang, Sandiaga kembali mengatakan Pemprov DKI akan membangun transit oriented development (TOD).

Sandiaga Uno belum menyebut ke mana para PKL Blok G akan direlokasi ketika gedung tersebut direvitalisasi. "Teknisnya nanti biar PD Pasar Jaya yang bisa ceritakan," kata Sandiaga. Jumat pekan lalu, Sandiaga Uno memberikan sinyal Jalan Jatibaru Raya Tanah Abang hampir pasti diputuskan dibuka dalam konsep penataan jangka menengah (midterm) yang akan keluar bulan ini. "Hampir pasti dibuka," kata Sandiaga.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait