Sandiaga Uno Hari Ini Rilis Hasil Survei tentang Penataan Ulang Tanah Abang

TEMPO | 9 Maret 2018 | 06:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan merilis hasil survei menyeluruh tentang penataan pedagang kaki lima dan arus lalu lintas di kawasan Pasar Tanah Abang. "Hari Jumat, dua hari lagi akan diluncurkan hasil survei menyeluruh mengenai Tanah Abang," kata Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018.

Menurut Sandiaga Uno, survei itu melibatkan para pengunjung di Tanah Abang secara langsung, termasuk sopir angkot yang beroperasi di sana, pengunjung yang datang menggunakan moda commuter line, pedagang, dan masyarakat yang berbelanja di kawasan tersebut.

"Bukan survei netizen, bukan survei rakyat Jakarta, tapi survei para pengunjung yang betul-betul datang ke sana," ujar Sandiaga Uno.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan penataan jangka pendek kawasan Pasar Tanah Abang sejak 22 Desember 2017. Dalam kebijakan itu, dua jalur Jalan Jatibaru Raya ditutup untuk kendaraan umum setiap pukul 08.00 hingga 18.00. Satu jalur digunakan untuk pedagang kaki lima (PKL), sedangkan ruas lainnya dipakai jalur bus Transjakarta Tanah Abang Eksplorer.

Kebijakan penutupan Jalan Jatibaru Raya untuk umum itu menuai kontroversi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai melanggar sejumlah aturan lantaran mengeluarkan kebijakan itu. Pemprov DKI Jakarta memang menjanjikan merilis konsep penataan jangka menengah (midterm) pada Maret ini.

Sebelumnya, Sandaga Uno mengatakan, ada kemungkinan memindahkan PKL ke lokasi sementara, sedangkan untuk jangka panjang akan membangun sky bridge atau jembatan laying yang menghubungkan Stasiun Tanah Abang dengan Blok G Pasar Tanah Abang. Sky bridge tersebut, selain berfungsi sebagai jembatan penyeberangan orang (JPO), juga untuk PKL.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait