Emas Batangan Berjatuhan dari Pesawat Kargo yang Akan Lepas Landas di Rusia

TEMPO | 16 Maret 2018 | 18:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebuah peristiwa mengejutkan terjadi, emas batangan sebanyak sekitar 3,4 ton berjatuhan dari sebuah pesawat kargo di Rusia, yang sedang lepas landas di bandara Yakuts Airport, yang merupakan kawasan penghasil intan utama di daerah itu. Pesawat hendak terbang menuju daerah Krasnoyarsk.

Peristiwa ini membuat pesawat kargo Nimbus Airlines AN-12 ini melakukan pendaratan darurat di daerah terdekat, yaitu Magan setelah kargo berharga yang diangkut berjatuhan.

Seperti diberitakan Russia Today dan Sky News, pintu penutup pesawat kargo ini mengalami malfungsi saat hendak lepas landas. Ini membuat kargo berupa emas, platinum dan berlian berjatuhan di landasan. Nilai kargo berharga ini diperkirakan sekitar US$380 juta atau sekitar Rp5,2 triliun.

"Kementerian Dalam Negeri mengatakan ada 172 batang emas dengan berat masing-masing sekitar 20 kilogram yang berjatuhan," begitu dilansir media TASS, Kamis, 15 Maret 2018.

Foto-foto emas berjatuhan dari pesawat ini menyebar di sosial media termasuk situs Ruptly. Menurut perusahaan Kinross Gold Corporation, sebuah perusahaan di Kanada yang memiliki pertambangan di Rusia, batangan emas dan perak yang jatuh itu adalah logam campuran, yang masih harus menjalani purifikasi di pabrik pengolahan.
 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait