Tampilkan Ganjar Pranowo, Trans7 Ditegur KPI

Andira Putri Selasa, 27 Maret 2018 13:40:23
Ganjar Pranowo. (Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Stasiun televisi Trans7 mendapat teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) pada Jumat (23/3). Teguran didasari oleh kemunculan foto calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam programnya.

Kehadiran foto Ganjar Pranowo dalam program Trans7 dianggap melanggar aturan dan ketentuan terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada). Seharusnya stasiun televisi bersikap adil terhadap peserta Pemilukada dan tidak menampilkan sosok salah satu calon pemimpin daerah saja.

"Kami memutuskan program siaran tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 50 Ayat (2) dan (5) serta Standar Program Siaran Pasal 71 Ayat (2) dan (5). Atas dasar itulah, KPI Pusat memberikan sanksi administratif teguran tertulis,” tutur Nuning Rodiyah selaku Komisioner Bidang Isi Siaran KPI Pusat seperti termuat dalam situs resmi KPI pada Senin (26/3).

Ganjar Pranowo. (Instagram)
Ganjar Pranowo. (Instagram)

Foto Ganjar Pranowo muncul dalam dua program Trans7. Program pertama adalah Anak Cerdas Indonesia yang tayang pada 11 Maret 2018. 

"Program siaran Anak Cerdas Indonesia yang tayang pada 11 Maret 2018 pukul 17.59 WIB telah menampilkan Ganjar Pranowo dengan keterangan gambar sebagai Gubernur Jawa Tengah dan ikut berpartisipasi dalam kuis," berikut keterangan Nuning Rodiyah. 

Program kedua adalah Slank in Love yang tayang tanggal 27 Februari 2018. Program tersebut menghadirkan Ganjar Pranowo tengah membahas soal Slank.

"Kami juga menemukan muatan serupa pada program siaran Slank in Love tanggal 27 Februari 2018 pukul 20.29 WIB yang menampilkan Ganjar Pranowo saat menyampaikan kesannya tentang lagu Slank,” tambah Nuning Rodiyah.

Pihak KPI Pusat sendiri telah meminta konfirmasi kepada perwakilan Trans7. Mereka sempat menggelar pertemuan pada Kamis (22/3) alias sehari sebelum surat teguran dilayangkan. 

(dira/bin)


Penulis Andira Putri
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore