Gedung Bioskop Pertama di Arab Saudi Dibuka pada 18 April

TEMPO | 5 April 2018 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk pertama kalinya setelah melarang selama beberapa dekade, Arab Saudi akan membuka secara resmi gedung bioskop pada 18 April 2018. Seluruh gedung bioskop akan dioperasikan oleh AMC Enternaiment Holdings.

Media pemerintah pada Rabu, 4 April 2018 menyebutkan, Dana Investasi Publik (PIF), sebuah lembaga keuangan utama Arab Saudi, telah menandatangani kesepakatan dengan AMC Enternaiment Holdings untuk mengoperasikan seluruh bioskop di negara itu.

"Kedua belah pihak diharapkan dapat membangun 40 gedung bioskop di 15 kota di Arab Saudi dalam waktu lima tahun ke depan," kantor berita SPA melaporkan. "Langkah berikutnya, akan dibangun 50-100 gedung bioskop di sekitar 25 kota di Arab Saudi hingga 2030," tambahnya.

Al Jazeera melaporkan, mengutip pernyataan pernyataan Kementerian Informasi Arab Saudi, gedung bioskop pertama yang akan dibuka di Riyadh ditetapkan pada 18 April 2018. Gedung tersebut sebelumnya untuk konser musik.

Pengumuman pembukaan gedung bioskop itu disampaikan setelah pemerintah Arab Saudi pada Desember 2017 mencabut pelarangan keberadaann bioskop yang sudah ada sejak 35 tahun lalu atau tepatnya pada Januari 1980.

Kebijakan Arab Saudi tersebut mendapatkan kritik dari berbagai kelompok. Mereka mempertanyakan, apakah pembukaan bioskop itu bagian dari kebebasan berbicara? "Saya tidak berpikir kebijakan baru itu bagian dari kebebasan berekspresi," kata Joseph Fahim, seorang kritikus film asal Mesir kepada Al Jazeera.

Kebijakaan ini disambut antusias jutaan orang di negeri itu. Mereka telah siap mengakses film digital layanan siaran online-streaming.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait