Motor Cafe Racer Milik Gibran Putra Jokowi, Ini Spesifikasinya

TEMPO Selasa, 17 April 2018 23:00:43
Modifikasi motor Gibran dipercayakan pada bengkel Rich Richie Ride Garage (RRRG) Solo (Dok. RRRG)

TABLOIDBINTANG.COM - Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi, membuat motor custom bergaya cafe racer. Modifikasi motor Gibran ini dipercayakan kepada Eko Sutanto pemilik bengkel Rich Richie Ride Garage (RRRG) Solo.

"Basis motornya Honda CB 125 lawas," kata Eko saat ditemui, Selasa 17 April 2018. Motor jenis CB 125 diproduksi oleh Honda sekitar 1970 hingga 1974.

Sebelum dibawa ke bengkel RRRG pada Oktober tahun lalu, motor itu sebenarnya sudah dalam kondisi dimodifikasi. "Bergaya japstyle," katanya. Karena pemilik ingin diubah dengan gaya cafe racer, motor akhirnya dibongkar total.

Eko membuat konsep cafe racer sesuai foto yang dikirimkan Gibran. "Saya diminta membuat modifikasi yang sama persis dengan foto yang dikirim," katanya. Dia mengaku tidak tahu asal muasal foto tersebut.

Dia mulai mengerjakan motor bermesin standar 125 cc itu. "Rangka bangian belakang dipotong dan dibuatkan rangka baru," katanya. Bagian garpu depan diganti milik Tiger Revo. Tentu saja bagian stang diubah menggunakan stang jepit berposisi rendah.

Eko merancang bodi motor seperti fairing, tangki dan hornet sesuai konsep cafe racer full fairing. Bodi baru itu dibuat secara handmade menggunakan bahan galvanis setebal 1,2 milimeter dan dicat dengan warna kombinasi biru putih.

Dapur pacu motor Gibran Rakabuming Raka dibiarkan tetap standar. "Hanya ditambah double starter saja," katanya. Sebab, engkol kick starter tidak bisa dipasang lantaran tertutup fairing.

Sistem pengapian yang semula menggunakan platina diubah dengan menggunakan CDI. "Menggunakan CDI motor Shogun," katanya. Pengubahan ini diyakini membuat pengapian lebih stabil.


TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Suyanto Soemohardjo
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.