Survei Cyrus: Ini Nama Terkuat untuk Cawapres Jokowi

TEMPO | 20 April 2018 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hasil survei Cyrus Network menunjukkan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menjadi yang terkuat sebagai calon wakil presiden mendamping Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

"AHY tidak dalam posisi kekuatan yang strategis, tapi kemudian dia melakukan safari politik yang lumayan efektif sehingga punya efek positif bagi popularitas dia," kata CEO Cyrus Network Hasan Nasbi Batupahat di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 19 April 2018.

Dalam survei Cyrus, AHY meraih elektabilitas 15 persen sebagai pendamping Jokowi. Menyusul setelah AHY ada Gatot Nurmantyo sebesar 10 persen. Sedangkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sama-sama meraih 9,1 persen. Di urutan kelima ada nama Hary Tanoesudibjo meraih 8,8 persen.

Nama berikutnya ada Susi Pudjiastuti meraih 4,9 persen. Mohammad Mahfud MD meraih sebesar 4,8 persen. Sedangkan nama Sri Mulyani meraih 4,0 persen suara sebagai pendamping Jokowi.

"Popularitas AHY melonjak tajam dalam waktu yang singkat bahkan, untuk posisi cawapresnya Jokowi dia menduduki posisi paling tinggi," kata Hasan Nasbi.

Survei dilaksanakan pada 27 Maret - 3 April 2018. Cyrus mengambil sampel 1.230 responden tersebar di 123 kelurahan desa terpilih di 34 provinsi.

Tingkat kepercayaan survei Cyrus Network itu sebesar 95 persen dengan margin of error kurang lebih 3 persen.

Responden adalah penduduk Indonesia yang berurmur minimal 17 tahun. Proporsi responden 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan. Responden terpilih itu diwawancarai secara tatap muka.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait