Penjajakan Pilpres 2019, PAN Bertemu Gatot Nurmantyo

TEMPO | 26 April 2018 | 23:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Bara Hasibuan membenarkan adanya pertemuan antara Gatot Nurmantyo dengan petinggi PAN untuk penjajakan menjelang Pemilihan Presiden  2019. Penjajakan dilakukan setelah nama mantan Panglima TNI itu masuk dalam bursa calon presiden pada Pemilu 2019. 

“Ya, Pak Gatot menjadi salah satu nama yang diperhitungkan,” kata Bara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 26 April 2018. Dia enggan menjelaskan secara rinci tentang pertemuan itu. Kata Bara, perteuan itu berlangsung secara informal. Bagi PAN, pertemuan itu untuk mengeksplorasi semua kemungkinan politik menjelang pemilu. “Kami melobi, kami bicara, apakah ada kecocokan," katanya. PAN memang belum memutuskan arah koalisi partai untuk pemilu 2019.

Gatot Nurmantyo masuk dalam bursa calon presiden maupun calon wakil presiden untuk Pemilu 2019. Namanya muncul dalam sejumlah survei ketika poros Prabowo Subianto yang diusung Partai Gerindra dan Joko Widodo yang diusung PDI Perjuangan yang akan berlaga di Pilpres 2019.

Gatot Nurmantyo memiliki dukungan relawan untuk maju dalam pemilihan presiden. Beberapa di antaranya adalah Relawan Selendang Putih Nusantara dan Gatot Nurmantyo untuk Rakyat. RSPN bahkan sudah mendeklarasikan untuk mendukung Gatot maju dalam pilpres. 

Gatot Nurmantyo masih akan menemui sejumlah pimpinan partai politik karena situasi masih cair menjelang masa pendaftaran calon presiden pada Agustus 2018. "Itu yang harus kita pahami, enggak bisa dipaksakan," ujar Gatot, Rabu kemarin, usai menjadi pembicara kunci dalam Urun Rembug Kebangsaan yang digelar Nusantara Foundation.

Semua pihak, katanya, melihat situasi. “Situasi bisa berubah karena dalam politik yang tidak mungkin bisa jadi mungkin.” Akan halnya PAN, belum menentukan arah koalisi hingga saat ini.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait