Begini Cara Meisya Siregar Mengajak Anak-anaknya Menjalankan Ibadah Puasa

Wayan Diananto | 23 Mei 2018 | 01:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dari pernikahannya dengan Bebi "Romeo", Meisya Siregar (39) dikaruniai tiga momongan yakni Lyrics Syabila Mu Saqeena, Song Louisa Mu'Khadijah, dan Muhammad Bambang Arr Reybach. Tahun ini, si sulung memasuki tahun keempat berpuasa. Ini membuat Meisya Siregar bangga.

"Sekarang usia si sulung 12 tahun dan belum menstruasi. Semoga bisa berpuasa sebulan penuh," ungkap Meisya Siregar dalam wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com di Jakarta, belum lama ini. Meisya Siregar mengakui, pernah memberi putrinya iming-iming jika mau berpuasa sebulan penuh. "Sebenarnya saya ingin anak-anak puasa bukan karena ada udang di balik batu, mengharapkan hadiah atau imbalan," ujarnya.

Berdasarkan pengalaman Meisya Siregar, anak-anak tidak akan melakukan sesuatu yang mereka tidak sukai. Kalau disuruh memilih, anak-anak tentu berpikir lebih enak enggak puasa daripada puasa. Karenanya sebagai ibu, Meisya Siregar harus bisa mengemas ibadah puasa sebagai aktivitas yang menyenangkan.

Kepada Louisa misalnya, Meisya Siregar memberi tahu kalau mau tahu asyiknya puasa, coba saja dulu. Dengan menahan lapar dan haus setengah hari, momen makan terasa lebih menyenangkan. Besoknya, Meisya menantang anak-anak untuk tidak makan dan minum sampai ashar.

"Saya ingin mereka memandang puasa sebagai sesuatu yang asyik, bukan menyiksa diri. Louisa kemarin bilang, 'Bunda, aku seriawan. Jadi puasanya sampai ashar. Kalau enggak seriawan aku mau puasa sehari penuh.' Saya bahagia mendengarnya. Yang penting, kesadaran berpuasa dibangun sejak awal dan pelan-pelan. Enggak bisa instan," pungkas Meisya Siregar.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait