Lukman Sardi Ungkap Kriteria Penting Menjadi Juri IMA Awards 2018

Altov Johar | 31 Mei 2018 | 09:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai salah satu juri Indonesian Movie Actors Awards 2018, Lukman Sardi mengungkap kriteria yang harus dimiliki dalam menjalankan tugasnya di ajang tahunan ini.

Lukman Sardi mengatakan, objektivitas menjadi hal terpenting dan utama yang harus dimiliki oleh para juri. Pasalnya, penjurian berhubungan dengan akting para aktor dan aktris Indonesia. Apalagi yang dinilai adalah rekan-rekannya di industri film.

"Nah kalau dewan juri kan gini loh, menurut gue sih bukan hal mudah juga. Ini kan yang kita lihat yang kita nilai teman-teman kita juga, kadang kita punya kedekatan atau apa, kadang-kadang hal itu harus diturunin dulu," ujar Lukman Sardi di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (30/5).

Dikatakan Lukman Sardi, pertemanan tidak berlaku dalam penjurian sebuah ajang. Semua didasari pada pakem-pakem yang sudah disepakati, dalam menentukan siapa dan karya yang terbaik.

"Enggak bisa lagi kita ngomongin 'itu temen gue itu sahabat gua. Tapi base on apa yang kita sepakatin dalam menilai. Nah itu bukan hal yang gampang, benar-benar kita melihat secara pure hanya menilai tentang akting si pemain, tanpa adanya unsur macam-macam di balik itu," paparnya.

Di samping objektifitas penilaian, pengalaman tentu menjadi modal dasar seseorang dipilih sebagai juri. Oleh karena itu deretan juri yang dipilih berdasar pada kapasitasn di bidang masing-masing.

"Nah untuk memikih dewan juri itu sendiri ya tentu saja kita lihat dari experience. Dari mata sutradara juga, karena kan sutradara juga memiliki peran penting dalam akting," pungkasnya.

Selain Lukman Sardi, 6 sineas lain turut mengawal perjalanan Indonesian Movie Actors Awards 2018. Mereka adalah Marcella Zalianty, Salman Aristo, Marsha Timothy, Robert Ronny, Ifa Ifansyah, dan Ario Bayu. 

(tov/ari)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait