Iklan Ramayana Viral, Begini Reaksi Sang Sutradara Dimas Djayadiningrat

Wayan Diananto | 3 Juni 2018 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ramadan tahun ini dihebohkan dengan sejumlah iklan viral salah satunya iklan Ramayana yang digarap sutradara Dimas Djayadiningrat (44). Iklan itu menampilkan grup musik kasidah yang mengingatkan publik pada band kasidah legendaris Nasidariyah. Iklan Ramayana menjadi viral sampai dibahas di akun gosip @Lambe_Turah dan dihujani ribuan komentar. Apa tanggapan Dimas Djayadiningrat?

"Saya senang. Ide kasidah itu sudah ada sejak awal. Namun cerita awalnya enggak kayak gitu. Cerita awalnya, ada pasangan mau mudik. Lalu cerita diubah menjadi keluarga yang mau mudik. Ide ini belum terlalu matang, lalu saya dilibatkan untuk mengerjakannya. Saya berpendapat, yang mudik satu orang saja yakni cowok. Maka di iklan ada cowok mudik ke kampung halaman menemui ibunya," urai Dimas Djayadiningrat kepada tabloidbintang.com di Jakarta, pekan lalu.

Iklan ini kemudian mendapat pujian berbagai pihak. Dimas Djayadiningrat menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang menyukai karyanya. Ia mengingatkan, iklan yang kini viral itu melewati proses kreatif yang panjang. Lirik lagunya pun mengalami beberapa kali revisi.

"Lagunya semula slow dengan lirik seputar sepatu dan baju yang mau dibawa mudik. Lalu saya ubah liriknya. Kasidah identik dengan lirik petuah dan mengajak orang mawas diri. Maka muncul lirik soal kerja lembur bagai kuda dan seterusnya. Butuh seminggu untuk mencari ide kemudian kami meeting praproduksi," kenang Dimas Djayadiningrat.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait