Iklan Ramayana Viral, Dimas Djayadiningrat Ungkap Biaya Syuting Paling Murah

Wayan Diananto | 3 Juni 2018 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat iklan Ramayana viral, sutradara Dimas Djayadiningrat (44) kembali diperbincangkan. Dalam sesi wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com, ia mengenang sejarah kariernya. Dimas Djayadiningrat memulai karier saat menjadi art director atau penata artistik di video klip “Terbunuh Sepi” milik Slank, pada 1994. Namun ada momen yang membuatnya mantap menjadi sutradara video klip. Momen itu terjadi dua tahun kemudian.

"Saya ingat betul, bujet video klip paling murah kali pertama saat menggarap video klip Oppie Andarista lagu 'Rumahku'. Biayanya hanya 5 juta rupiah, tapi syutingnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kala itu tahun 1996, kami syuting dalam format VHS. Saya enggak dapat uang. Bujet itu hanya untuk makan dan biaya operasioal kru di sana," ungkap Dimas Djayadiningrat di Jakarta Selatan, pekan ini.

Ia menambahkan, "Zaman dulu uang 5 juta rupiah itu lumayan, sih mengingat belum krisis moneter. Video klip itu dulu mendapat banyak sekali apresiasi. Saya bahagia mendapat banyak apresiasi. Momen itu menguatkan saya untuk menjadi sutradara video klip sekalian. Sejak itu saya melahirkan banyak video klip sampai awal tahun 2000-an."

Saat industri film Indonesia menggeliat, Dimas Djayadiningrat aktif di produksi layar lebar. Selain terlibat di film 30 Hari Mencari Cinta, ia menyutradarai film Quickie Express yang dibintangi Tora Sudiro, Lukman Sardi, dan Amink. Film itu mencetak box office, ditonton lebih dari sejuta orang.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait