Rhoma Irama Soal Partainya yang Ditolak MA: Saya Sudah Hopeless

TEMPO | 8 Juni 2018 | 10:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rhoma Irama selaku Ketua Umum Partai Idaman tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika mendengar kabar Mahkamah Agung menolak uji materi Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2018. Peraturan ini mengatur tentang pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilu anggota DPR dan DPRD.

Rhoma Irama pun menyatakan tak akan melakukan langkah hukum selanjutnya setelah putusan MA. “Saya sudah hopeless. Kami ajukan saja ke mahkamah tertinggi, Tuhan Yang Maha Esa,” kata dia, di Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.

Rhoma Irama memandang putusan MA yang menolak uji materi dari partainya adalah hal yang wajar. Raja dangdut itu menilai telah terjadi diskriminasi sejak proses pendaftaran partai di Kementerian Hukum dan HAM, proses ajudikasi di Badan Pengawas Pemilu, dan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara. "Kalau saya, enggak aneh. Sejak awal kami sudah diperlakukan secara diskriminatif," ujarnya.

MA menolak uji materi yang dilakukan Partai Idaman terhadap aturan verifikasi partai politik. Pengajuan gugatan ini berawal ketika KPU melakukan verifikasi ulang seluruh partai untuk mengikuti Pemilihan Umum 2019. Hasilnya, Partai Idaman dinyatakan tidak lolos.

Raja Dangdut itu tidak terima dan menggugat keputusan KPU ke Pengadilan Tata Usaha Negara. Namun, gugatannya ditolak. Tak putus asa, raja dangdut itu lantas mengajukan judicial review terhadap PKPU yang menjadi dasar KPU melakukan verifikasi ulang ke Mahkamah Agung. Menurut Rhoma, peraturan KPU itu bertentangan dengan undang-undang di atasnya dan menyebabkan ketidakpastian hukum.

Majelis hakim MA yang diketuai Yulius menilai bahwa dalil Rhoma yang menyatakan penggantian peraturan menyebabkan ketidakpastian hukum tidak terbukti. Hakim menilai hasil penelitian administrasi dan verifikasi faktual yang dilaksanakan KPU tetap berlaku dan sah. MA pun mementahkan gugatan Rhoma Irama.

Rhoma Irama pun menyatakan kekecewaannya atas putusan ini. Harapan Partai Idaman untuk berlaga di Pemilu 2019 pun pupus. "Kalau di peradilan sekarang ini kita tahulah, saya tidak percaya dengan peradilan sekarang ini," ujarnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait