Hamil 7 Bulan, Ardina Rasti Gelar Siraman dengan Air 7 Sumur

Supriyanto | 1 Oktober 2018 | 06:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ardina Rasti dan Arie Dwi Andhika menggelar pengajian sekaligus siraman menyambut tujuh bulan usia kehamilan di Pendopo Kemang, Jakarta Selatan, pada Minggu (30/9) siang. Adat Solo yang dikenal sebagai mitoni itu dihadiri keluarga besar dan kerabat dekat.

Acara siraman itu merupakan tradisi keluarga Ardina Rasti dan dilangsungkan dengan tujuan mendoakan keselamatan ibu dan calon bayi yang masih berada dalam kandungan.

Proses siraman juga sangat kental dengan budaya Jawa. Instrumen gamelan terdengar sepanjang proses acara siraman. Tamu wanita yang hadir juga memakai dresscode kebaya dan kain batik. Ardina dan Arie kompak mengenakan baju adat jawa warna merah marun. Arie memakai beskap dan blangkon.

Saat siraman, Ardina Rasti tampak cantik dengan rangkaian melati di rambut dan bagian pundaknya. Tampak rona bahagia terpancar di wajah Ardina Rasty dan Arie Dwi Andhika.

Sejumlah ritual dijalani Ardina Rasti dan suami antara lain menyampur air dari tujuh mata air untuk digunakan sebagai air siraman, menggelindingkan telur, memecah kelapa, serta keliling berjualan rujak dan dawet.

"Banyak banget (prosesinya). Terus, tadi ada kayak mecah cengkir, terus gelindingin telur, katanya kalau gelindingin telur lahirannyacepat," ujar Arie dalam jumpa pers usai siraman.

"Kami sih bangga ya dapat kesempatan untuk menjalani prosesi adat ini, karena ya kalau enggak ngalamin kayak gini, enggak pernah tahu. Ternyata, hampir semua orang Jawa kalau sudah tujuh bulanan ngalamin kayak gini," tambah Ardina Rasti.

Ardina Rasti dan Arie menikah pada 20 Januari 2018. Arie mengabarkan kehamilan Rasti pada Minggu 15 Juli 2018.

(pri/ari)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait