Indy Barends Tak Ingin Anaknya Jadi Artis, Ini Alasannya

Wayan Diananto | 20 November 2018 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dari pernikahannya dengan Benyamin Sarmanella, Indy Barends (46) dikaruniai dua anak laki-laki yakni, Raphael Benaya Sarmanella dan Manuel Tobias Sarmanella. Raphael kini berusia 16 tahun. Saat si sulung beranjak remaja, beberapa sahabat menanyakan adakah kemungkinan Raphael mengikuti jejak ibunya menjadi seniman? Ditanya soal kemungkinan Raphael menjadi artis, Indy Barends menggeleng.

"Kayaknya Raphael cukup menjadi asisten yang menemani saya selama manggung. Dia anak laki-laki, ada baiknya memiliki pendidikan yang tinggi untuk dijadikan pegangan di masa mendatang. Ilmu yang didapat untuk menghidupi pasangannya kelak, untuk jangka panjang," ungkap Indy Barends dalam wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com di Jakarta, belum lama ini.

Bukan berarti Indy Barends melarang anak-anaknya menjadi artis. Jika Tuhan membukakan jalan, sebagai ibu, Indy Barends tidak akan menghalangi langkah anak-anaknya ke panggung seni. Hanya menurut Indy Barends, profesi artis sebaiknya tidak dijadikan mata pencarian utama.

"Menjadi artis itu bonus, bukan yang utama. Karier seorang artis itu ada masanya. Di Indonesia, regenerasi pekerja seni sangat terbaca dengan jangkauan usia yang sempit. Berbeda dengan di Jepang atau AS, misalnya. Di kedua negara itu saya perhatikan, makin berumur, seorang seniman makin dipakai jasanya serta makin di apresiasi. Di Indonesia, profesi artis jangan serta merta dijadikan sebuah kebanggaan," Indy Barends berpendapat.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait