Intip Kuliner Bogor yang jadi Favorit Jokowi

TEMPO | 21 Januari 2019 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kota Bogor merupakan wilayah yang paling sering dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi selain Jakarta. Hal tersebut dikarenakan Jokowi lebih senang menghabiskan waktunya di Istana Bogor.

Dalam unggahan vlog Boy William, Jokowi menuturkan banyak kuliner enak di Bogor yang dapat dicoba. Jokowi paling suka menyantap soto Bogor. Dia pun mengajak Boy bersama keluarganya untuk menyantap hidangan tersebut. "Makanan Bogor enak-enak, asinan enak," kata Jokowi, Sabtu, 19 Januari 2019.

Bersama Boy, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyantap soto Bogor. Kuliner yang pas untuk dinikmati di tempat yang sejuk seperti Kota Bogor. Kuahnya yang segar akan memanjakan lidah penyantapnya.

Soto Bogor berisi campuran daging sapi, risol, kentang, potongan kol, tomat, dan mi kuning. Paling nikmat ditambah dengan perasan jeruk limo dan sambal, agar soto terasa lebih segar, gurih, dan pedas.

Selain soto Bogor, kuliner lainnya yang disebutkan Jokowi, ialah asinan. Berbeda dengan asinan Jakarta yang menggunakan bumbu kacang, asinan Bogor mengunakan kuah gula yang dicampur dengan cabai halus.

Ada dua jenis asinan di Bogor, yaitu asinan buah dan asinan sayur. Dua-duanya merupakan kudapan segar yang membuat penikmatnya ingin tambah terus. Apa lagi, kuahnya yang berwarna merah, akan meningkatkan selera makan kita.

Intip kuliner lain yang wajib juga dicoba di kota hujan ini, antara lain:

Tauge Goreng
Makanan ini merupakan tumisan tauge yang dicampur dengan mie kuning dan daun suji. Disiram dengan kuah oncom dan sambal menabah kenikmatan kuliner ini, apa lagi ketambah dengan kerupuk.

Laksa Bogor
Hampir serupa dengan laksa betawi, namun yang membedakannya ialah penggunaan oncom sebagai campuran dan tidak menggunakan mie dalam penghidangannya. Gurihnya santan yang disajikan bersama tahu kuning, telur rebus, dan taburan serundeng akan memanjakan pecinta kuliner nusantara.

Cungkring
Makanan merakyat ini merupakan potongan kikil sapi yang sudah diolah menggunakan bumbu rempah. Cungkring ini biasanya disajikan bersama lontong juga gorengan dan disiram bumbu kacang dan manisnya kecap.

Bolu Lapis
Belakangan, bolu lapis Bogor menjadi kuliner populer dari kota ini. Terbuat dari talas khas bogor dan ditaburi krim dan parutan keju. Rasanya manis juga gurih, tektur bolunya pun sangat lembut.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait