Didiagnosis Lupus, Ega Olivia Sempat Berpikir Bunuh Diri 

Ari Kurniawan | 1 Februari 2019 | 07:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sudah hampir setahun Ega Olivia vakum dari dunia seni peran. Bukan karena punya kesibukan lain, pemain film Catatan Akhir Sekolah itu ternyata tengah berjuang melawan sakit. 

Tahun lalu, Ega Olivia didiagnosis menderita lupus, yakni penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ.

"Itu kado ulang tahun aku. Pas banget 30 Juni, pas aku ulang tahun itu pulang syuting kejang-kejang, aku masuk rumah sakit, dan ternyata aku kena lupus," cerita Ega Olivia, di sela pemutaran film Lundry Show, di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (31/1) malam. 

Hampir enam bulan Ega Olivia menjalani perawatan di rumah sakit. Saat itu, hampir sekujur tubuh Ega sulit digerakkan. Ia juga harus mengkonsumsi banyak obat. 

"Sempet lumpuh juga aku, empat bulan nggak bisa jalan, nggak bisa ngapa-ngapain. Tapi alhamdulilah sekarang udah mendingan, walaupun harus terus minum obat. Waktu itu obatnya ada 16 macam, sekarang tinggal empat," sebut Ega Olivia. 

Saat awal didiagnosis, Ega Olivia sangat terpukul. Ia bahkan sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya. 

"Down banget. Yang lebih parah kan perubahan fisik ya, aku nggak berani keluar rumah. Udah kaya pesimis banget, udahlah aku mau mati aja. Itu udah kayak bener-bener ngga semangat hidup," katanya. 

Beruntung, Ega Olivia dikelilingi orang-orang yang selalu memberinya dukungan. Saat ini Ega sudah percara diri untuk kembali bekerja. Film Loundry Show merupakan film pertama yang dimainkannya setelah sakit. 

"Aku masih punya adik yang harus aku biayain, masih ada mama papa yang aku support. Jadi lebih semangat aja karena mereka jaga dukung aku supaya cepet sembuh," tandasnya.

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait