Cara Chicha Koeswoyo Tumbuhkan Minat Menulis pada Generasi Milenial

Ari Kurniawan | 4 Maret 2019 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mantan penyanyi cilik Chicha Koeswoyo kembali menunjukkan kepeduliannya pada generasi muda. Kali ini, Chicha mengadakan pelatihan jurnalistik untuk generasi mileial, yan diadakan di kawasan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (3/3).

Menulis, menurut Chicha Koeswoyo, bisa jadi jalan untuk membuka diri dan menyampaikan aspirasi, serta kegelisahan seseorang terhadap kondisi yang ada. 

"Acara ini digelar untuk memberi dampak luas pada anak-anak muda agar lebih peduli pada lingkungan masing-masing melalui cara menulis berdasarkan kaidah dan aturan jurnalistik," kata Chicha. 

Sebagai mentor di acara tersebut, Chicha Koeswoyo menggandeng Maman Suherman. Caleg dari PDIP itu berharap muncul bibit baru di dunia jurnalistik. 

"Ini kelihatanya sepele, tapi kita nggak pernah tahu, barangkali di antara mereka nanti ada yang jadi jurnalis. Apalagi yang ngajarin langsung yang mengerti di bidang jurnalistik," katanya.

Sementara itu, Maman Suherman mengaku prihatin terhadap kondisi bangsa yang kian jauh dari dunia literasi. Padahal, Indonesia sebagai sebuah negara besar memiliki potensi sumber daya manusia yang luar biasa.

"Ada PR besar untuk kita terus meningkatakan pendidikan literasi. Salah satu caranya adalah dengan mengajak orang untuk menuangkan pendapat dan gagasan melalui tulisan. Tulisan yang bersih dari hoax dan kebohongan, tulisan yang sifatnya fakta dan berbasis data," kata Maman.

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait