Syahrini Tuai Kecaman Pedas karena Pakai Mantel Bulu Asli

TEMPO | 5 April 2019 | 10:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Syahrini mendapat sorotan tajam lantaran menggunakan mantel bulu dari binatang asli. Animal Stories Indonesia mengunggah foto Syahrini saat berlibur di Swiss bersama suaminya, Reino Barack dengan memamerkan mantel bulunya di akun Instagram @animalstoriesindonesia pada Kamis, 4 April 2019. Selama liburan di Swiss, dalam berbagai pose, Syahrini terlihat tak pernah mengganti jaket bulunya itu.

Animal Stories Indonesia mengunggah foto Syahrini dengan mantel kebanggaannya itu dengan berpijak dari sebuah berita yang menuliskan harga mantel bulunya senilai miliaran rupiah. Ia memberikan pesan kepada Syahrini dalam keterangan di unggahan foto tersebut.

“To @princessyahrini yang mengenakan chinchilla fur. Chinchilla Fur Coat adalam fashion item yang sedang tren akhir-akhir ini. Chinchilla Fur Coat adalah mantel bulu khusus yang yerbuat dari bulu hewan pengerat yang morfologi tubuhnyua mirip seperti kelinci,” tulis Animal Stories Indonesia.

Akun itu selanjutnya menjelaskan bahwa di laman Animal Legal and Historical Center dijelaskan bahwa di beberapa negara, produksi mantel bulu chinchilla dilakukan dengan tidak manusiawi yakni membunuh demi keuntungan bisnis. “Tahukah Anda, tanpa disadari sudah jutaan binatang yang dibunuh hanya demi kemewahan pakaian.”

Animal Stories Indonesia selanjutnya seperti hendak menyindir Syahrini yang bangga mengenakan mantel bulu miliaran rupiah itu dengan perilaku pada supermodel dunia pada 1994, atau 25 tahun lalu. Sejumlah supermodel ternama dunia, seperti Naomi Campbell, Claudia Schiffer dan Elle Macpherson pernah dengan bangganya berpose telanjang untuk PETA atau gerakan pemerhati binatang.  

“Para supermodel itu mengangkat slogan, lebih baik telanjang dari pada pakai bulu-bulu binatang. Saat itu juga pembunuhan kejam terhadap binatang-binatang demi kemewahan fashion dianggap sebagai tindakan yang sia-sia."

Pada unggahan selanjutnya, Animal Stories Indonesia menunjukkan video bagaimana hewan lucu itu dibunuh hanya untuk diambil bulunya. Mereka diternakkan selanjutnya dibunuh dengan cara disiksa hanya demi selembar kain mahal.

Netizen pun ramai-ramai melampiaskan kemarahan kepada Syahrini. “Gak bakal nyampe mikir ke situ, tahunya dia mah keren aja pakai pakaian yang begitu,” ujar seorang netizen. “Coba bayangin kalau kulit Inces yang dikulitin,” sahut netizen. “Di situ saya benci sama dia. Bukan karena tikung menikung, tapi dari mamanya, adiknya, dan dia sendiri suka makai fur demi fashion,” timpal netizen yang menambahkan emoticon sedih dan marah.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait