Yusuf Mansur Pernah 2 Kali Dimarahi Ustadz Arifin Ilham

Ari Kurniawan | 23 Mei 2019 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ustadz Yusuf Mansur (UYM) sangat terpukul atas kepergian ustadz Arifin Ilham untuk selama-lamanya. Arifin Ilham menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit di George Town, Penang, Malaysia, pada Rabu malam, 22 Mei 2019.

Bagi UYM, Arifin Ilham bukan sekadar sahabat, melainkan guru yang telah memberikan banyak sekali pelajaran tentang kehidupan dunia dan akhirat. 

Salah satu kebiasaan Arifin Ilham yang selalu dilakukan UYM hingga saat ini adalah zikir pagi dan zikir sore. UYM juga mengikuti anjuran almarhum untuk selalu menjaga wudhu. 

"Saya dua kali diomelin beliau ketika tidak menjaga wudhu. Katanya, 'Kok bisa ustadz tidak menjaga wudhu, memang ustadz tahu mau dipanggil kapan sama Allah? Ketika masih berwudhu seperti berzikir sampai batalnya. Kan enak kalau dipanggil saat masih punya wudhu'," UYM mengenang pesan almarhum Arifin Ilham.

UYM kemudian mengenang saat Arifin Ilham menghadiri peresmian pesantren pertamanya pada 2008 silam. Saat itu, kata UYM, almarhum berjalan mengelilingi pesantren sambil terus berzikir. 

"Nih ustadz ane zikirin. Kalau dizikirin malaikat turun, jadi biar malaikatnya nggak pergi-pergi dari ustadz," UYM kembali mengutip perkataan almarhum.

Jenazah Arifin Ilham rencananya diterbangkan ke Tanah Air dari Penang, Malaysia, pada Kamis pagi ini, 23 Mei 2019. Jenazah akan langsung dibawa ke ponok pesantren Azzikra Sentul untuk disalatkan, lalu dikebumikan di pesantren baru Azzikra di Gunung Sindur, Bogor. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait