Andien Merasa Sangat Nasionalis saat Tampil di Luar Negeri

Altov Johar | 16 Agustus 2019 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Zaman boleh berubah, namun jiwa nasionalisme terhadap negeri ini harus tetap membara. Hal itu yang dirasakan Andien ketika membawa nama Indonesia tampil menyanyi di luar negeri.

"Aku merasa sangat nasionalis ketika aku mewakili Indonesia untuk menyanyi di luar negeri gitu, itu aku merasa kayak merinding sendiri. Terlebih ketika aku pas upacara bendera saat kecil," ujar Andien di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Jumat (16/8).

Dari situ Andien berpikir jika rasa nasionalis erat hubungannya dengan sebuah karya. Terutama karya yang dipersembahkan kepada negeri ini dan dapat bermanfaat bagi orang banyak.

"Jadi karya yang seperti apa yang bisa kita berikan untuk negeri, dan kemudian bisa bermanfaat untuk orang lain, ternyata kita sudah menjadi orang yang nasionalis," urainya.

Lantas apakah menurut Andien karya-karya musisi Indonesia dapat disebut memiliki jiwa nasionalis?

"Ada yang iya dan enggak. Dalam arti gini, kalau karya itu bisa membawa ke hal yang positif, tidak menyeret orang anarkis, atau negatif dan membuat bunuh diri, saya rasa mereka yang berkarya sudah bisa memberikan dampak positif untuk negeri ini," pungkas Andien.

(tov / gur)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait