Andien Merasa Sangat Nasionalis saat Tampil di Luar Negeri

Altov Johar Jumat, 16 Agustus 2019 23:00:38
Andien (Seno Susanto / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Zaman boleh berubah, namun jiwa nasionalisme terhadap negeri ini harus tetap membara. Hal itu yang dirasakan Andien ketika membawa nama Indonesia tampil menyanyi di luar negeri.

"Aku merasa sangat nasionalis ketika aku mewakili Indonesia untuk menyanyi di luar negeri gitu, itu aku merasa kayak merinding sendiri. Terlebih ketika aku pas upacara bendera saat kecil," ujar Andien di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Jumat (16/8).

Andien (Seno Susanto / tabloidbintang.com)
Andien (Seno Susanto / tabloidbintang.com)

Dari situ Andien berpikir jika rasa nasionalis erat hubungannya dengan sebuah karya. Terutama karya yang dipersembahkan kepada negeri ini dan dapat bermanfaat bagi orang banyak.

"Jadi karya yang seperti apa yang bisa kita berikan untuk negeri, dan kemudian bisa bermanfaat untuk orang lain, ternyata kita sudah menjadi orang yang nasionalis," urainya.

Lantas apakah menurut Andien karya-karya musisi Indonesia dapat disebut memiliki jiwa nasionalis?

"Ada yang iya dan enggak. Dalam arti gini, kalau karya itu bisa membawa ke hal yang positif, tidak menyeret orang anarkis, atau negatif dan membuat bunuh diri, saya rasa mereka yang berkarya sudah bisa memberikan dampak positif untuk negeri ini," pungkas Andien.

(tov / gur)

Penulis Altov Johar
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.