Bayu Oktara Berhenti Merokok Demi Kesehatan dan Keluarga

Romauli Gultom Kamis, 16 Januari 2020 21:24:29
Bayu Oktara memutuskan untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan dan keluarga.

TABLOIDBINTANG.COM - Selebriti sekaligus penyiar radio, Bayu Oktara memutuskan untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan dan keluarga.

Bayu menjelaskan selama setahun terakhir berhenti merokok dan beralih menggunakan produk tembakau alternatif, yakni produk tembakau yang dipanaskan.

“Saya tanya-tanya dan infonya kalau produk tembakau yang dipanaskan ini tidak ada TAR dan lebih rendah risikonya. Karena, TAR itu yang memang bahaya kan,” ucap Bayu Oktara di Jakarta, belum lama ini.

Ia mengungkapkan alasannya beralih karena banyak pertimbangan. Pertama itu kesehatan dan produk ini solusi yang membuat saya bisa beralih dan tidak merokok lagi.

Saat ini, informasi yang akurat dan hasil kajian ilmiah yang mendalam mengenai produk tembakau yang dipanaskan masih sangat minim di Indonesia. Banyak perokok dewasa yang belum memperoleh akses terhadap informasi tersebut, sehingga mereka tidak mengetahui bahwa terdapat produk tembakau alternatif yang memiliki risiko kesehatan yang lebih rendah daripada rokok. Seharusnya, pemerintah, pemerhati kesehatan publik, dan pemangku kebijakan lainnya mensosialisasikan produk tersebut sehingga perokok dewasa memiliki pilihan untuk beralih.

Bagi Bayu, setelah ia beralih dari rokok ke produk tembakau yang dipanaskan, ia merasakan perubahan positif pada kondisi fisiknya, dibandingkan saat merokok. 

“Produk tembakau yang dipanaskan ini sangat membantu. Kalau bangun pagi sekarang enggak sakit lagi tenggorokannya. Apalagi kan saya siaran pagi, jadi lebih enak,” kata pemeran Gusti dalam sitcom Office Boy.

Selain itu, menurut Bayu, pemakaian dari produk tembakau yang dipanaskan tidak meninggalkan bau pada tangan maupun pakaian. Menurutnya, produk ini tidak mengganggu orang lain di sekitarnya karena tidak menghasilkan asap seperti rokok, melainkan aerosol atau uap. 

“Bau rokok itu menganggu sih, karena baunya nempel pada baju dan badan. Saya aja kadang-kadang terganggu walaupun lagi enggak merokok. Tapi kalau yang produk ini enggak nempel baunya,” tegas dia.

Karena itulah, Bayu melanjutkan, keluarganya sangat mendukung dirinya menggunakan produk tembakau yang dipanaskan. “Istri senang-senang saja karena dia tidak terganggu. Kalau dulu terganggu karena bau ya,” ucapnya.

Penulis Romauli Gultom
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.