Ada Jenazah Korban Covid-19 Ditolak Warga, Ini Tanggapan Fairuz A Rafiq

RIK | 10 April 2020 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Adanya penolakan masyarakat terhadap jenazah korban virus Covid-19 untuk dikebumikan di wilayah mereka terus jadi bahan perbincangan. Aktris Fairuz A Rafiq pun memberikan tanggapannya.

"Saya bggak bisa ngomong terlalu banyak ya, pasti kan adanya penolakan itu kan dari pihak yang menolak itu pasti ada sudut pandang masing-masing atau ada peraturannya seperti apa. Kita kan nggak bisa ngomong seperti itu juga, karena kan kita juga nggak tahu berita jelasnya seperti apa, apa yang terjadi di lapangan gitu. Yang jelas apapun yang terjadi saat ini terhadap wabah covid-19 di seluruh dunia kita pasti prihatin ya, saya prihatin sekali," kata Fairuz A Rafiq melalui sambungan telepon, beberapa waktu lalu.

Bagi Fairuz, adanya penanganan khusus pada jenazah yang positif terinfeksi Covid-19 merupakan hal wajar guna memininalisir penularan.

"Nggak bisa kita pungkiri bahwa untuk kayak yang kena wabah gitu kita nggak bisa nemenin, nggak seperti rulesnya, pemakamannya nggak seperti layaknya sebenarnya pemakaman yang dihadiri banyak orang, tetangga, atau keluarga. Tapi kita juga harus bisa memahami proses upacara pemakaman mungkin karena adanya wabah covid-19 ini, menghindari penularan yang akhirnya semakin banyak," terangnya.

Fairuz A Rafiq sangat menyayangkan jika jenazah yang sudah diproses sesuai prosedur masih mendapat penolakan dari warga.

Tapi kalau masalah penolakan jenazah saya kan juga enggak tahu penolakannya karena apa, kalau misalkan penolakannya taku menularkan orang atau ternyata ada prosedurnya tapi nggak diikutin, itu juga nggak boleh. Pastikan itu sebenarnya saya yakin enggak ditolak lah, tapi mungkin ada prosedur yang memang harus diikuti," pungkas Fairuz A Rafiq. 

(rik)

Penulis : RIK
Editor: RIK
Berita Terkait