Cerita Desainer Samuel Wongso, Penghasilan Menurun 85 Persen Akibat Covid-19

Ari Kurniawan | 23 Juni 2020 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi Corona atau Covid-19 berdampak pada hampir seluruh kehidupan masyarakat. Termasuk industri fesyen. Desainer Samuel Wongso mengatakan penurunan yang omzet yang ia alami sangat signifikan.

Samuel Wongso dikenal sebagai perancang jas untuk pria, khususnya untuk acara pernikahan. Samuel harus kehilangan banyak pesanan, karena pemerintah tidak mengizinkan adanya keramaian seperti pesta pernikahan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Selama 3 bulan masa PSBB omzet ikt turun hingga 85 persen," sebut Samuel Wongso, saat berbincang dengan wartawan, di Jakarta, Senin (22/6). 

"Banyak klien yang membatalkan rencana pre-wedding keluar negeri dan banyak juga yang menunda pernikahan sampai waktu yang belum ditentukan," lanjutnya.

Memasuki fase "new normal", Samuel Wongso kembali mendapat pesanan sampai ke luar kota. Samuel pun mulai bepergian, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kemarin untuk pertama kali travelling lagi karena permintaan di kota Medan. Yang mengantri di Medan orang yang melakukan pernikahan masih relatif lebih banyak walaupun dengan metode new normal," ungkapnya.

Samuel Wongso melakukan beberapa langkah untuk mencegah menyebaran virus, baik pada dirinya maupun klien yang akan ditemui.

"Travelling kali ini cukup berat karena kita harus benar-benar menjaga diri agar selalu sehat. Saya minum banyak vitamin untuk daya tahan tubuh, saya abawa alkohol untuk semprot-semprot kursi dan toilet, dan saya memakai APD medis dan topeng transparan agar merasa aman. Memang agak lebay, tapi untuk safety," tandasnya. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait