Ramon Y Tungka Ajak Milenial Ikut Jaga Kelestarian Candi

Ari Kurniawan | 9 April 2021 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ramon Y Tungka ambil bagian dalam program Candi Darling From Home, yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Lewat kegiatan ini Ramon menggugah kesadaran kaum milenal untuk menghijaukan kawasan candi. 

Pada kesempatan ini, Ramon Y Tungka ditemani influencer pegiat alam Alfira Naftaly Pangalila mengunjungi tiga candi di kawasan Yogyakarta, yakni Candi Sambisari, Candi Banyunibo, dan Candi Barong.

Di masing-masing candi yang dikunjungi, Ramon Y Tungka dan Alfira Naftaly Pangalila menggali sisi sejarah sekaligus mencari upaya yang bisa dilakukan untuk membantu pelestarian bangunan bersejarah. 

"Kegiatan ini memadukan sisi merawat alam tetapi juga bisa jadi wisata sejarah," kata Ramon Y Tungka, dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4).

Dari aktivitas tersebut diharapkan bisa membuat kawasan candi semakin cantik, dan meningkatkan minat masyarakat, khususnya anak muda, untuk datang.

"Bila semakin cantik, nantinya setelah situasi baik, pasti banyak dikunjungi wisatawan. Semoga upaya ini mendapat respons positif dari masyarakat," harap Alfira Naftaly Pangalila.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Zaimul Azzah, memberi apresiasi kegiatan Candi Darling from Home.

Zaimul Azzah berharap kegiatan ini dapat semakin menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki terhadap warisan sejarah bangsa.

"Candi Darling from Home menjadi terobosan agar generasi muda tetap mencintai situs sejarah," kata Zaimul Azzah.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait